Mahasiswa Dan Dosen UTU Dilatih Cara Pembuatan Proposal PKM
  • UPT_TIK
  • 21. 10. 2020
  • 0
  • 206

MEULABOH, UTU – Dalam pemaparan lanjutan tentang pelatihan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik, Dr. Lilis Yuliati, menjelaskan secara detil terkait pengajuan proposal mahasiswa dan dosen dalam Program Kemitraan Masyarakat (PKM). Pelatihan yang dipandu oleh Koordinator KKN UTU, Teungku Nih Farisni, SKM.,M. Kes, berlangsung secara daring, Selasa, 20 Oktober 2020.

Narasumber adalah Dr. Lilis Yuliati, SE.,M.Si, Dosen Universitas Jember (Detasering Dirjen Dikti Kemendikbud Tahun 2020). Lilis antara lain menjelaskan, ringkasan dalam usulan proposal itu maksimal 500 kata yang memuat ringkasan dari analisis situasi, tujuan, permasalahan, solusi dan target luaran yang akan dicapai sesuai masing-masing skema Program Kemitraan Masyarakat (PKM).

Pendahuluan maksimal 2000 kata yang berisi uraian  analisis situasi dan permasalahan dan data-data statistik yang akan disampaikan sebaiknya bukan data mentah atau data kasar, namun sudah diolah sesuai dengan judul yang diajukan. Sedangkan solusi permasalahan, diuraikan maksimal  1500 kata yang berisi uraian semua solusi yang ditawarkan untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapi secara sistematis.

“Ungkapan dalam solusi ini sesuatu yang inovatif yang berbeda dari topik-topik pengabdian sebelumnya, ada hilirisasi riset melalui pengabdian kepada masyarakat. Jika target dan capaian terukur, perbedaan sebelum dan setelah dilakukan kegiatan PPM”, tegas Lilis.

Metode pelaksanaan maksimal 2000 kata yang menjelaskan tahapan atau langkah-langkah dalam melaksanakan solusi yang ditawarkan untuk mengatasi permasalahan mitra. Metode dapat berupa peningkatan kapasitas anggota dan kelompok, sosialisasi, penyuluhan, pelatihan, permainan, percontohan, demplot, simulasi, penyusunan panduan/program, pembuatan peraga, peralatan, produksi dan sebagainya.

Tujuan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) itu akan membentuk masyarakat produktif yang tenteram dan sentosa, kemandirian mitra, ketenteraman masyarakat dan terampil. Program Kemitraan Masyarakat Stimulus (PKMS) merupakan skema khusus dalam upaya mendorong meningkatnya pelibatan dosen perguruan tinggi dalam klaster yang kurang memuaskan.

Sedangkan Program Pengembangan Kewirausahaan (PPK) bertujuan menciptakan wirausaha baru, mandiri yang berbasis iptek, meningkatkan jejaring antara kewirausahaan perguruan tinggi dengan masyarakat industry dan lembaga lainnya dan menciptakan motode pelatihan kewirausahaan yang sesuai bagi mahasiswa yang sedang merintis usaha/alumni wirausaha.

Dalam hal pengusulan proposal PPK itu diutamakan pengusul adalah dosen yang ada relevansinya dengan bidang keilmuan dan mata kuliah yang diampu dan memiliki pengalaman berwirausaha atau dosen kewirausahaan, dan satu perguruan tinggi dapat mengusulkan lebih dari satu proposal PPK. Satu fakultas (untuk universitas/institut), jurusan (untuk sekolah tinggi/politeknik/akademik) hanya boleh mengajukan satu proposal PPK. (***)

 

 

Lainnya :