LPPM UTU Gelar Sosialisasi dan Bimtek Penggunaan Aplikasi Siripmu
  • UPT_TIK
  • 17. 09. 2020
  • 0
  • 189

MEULABOH, UTU – Jajaran LPPM-PM Universitas Teuku Umar (UTU) menggelar sosialisasi dan bimbingan teknik (bimtek) penggunaan aplikasi sistem infromasi riset, pengabdian masyarakat dan penjaminan mutu (disingkat dengan siripmu). Sosialisasi dan bimtek penggunaan aplikasi siripmu itu, berlangsung semi online secara tatap muka dan daring di Gedung Terintegrasi UTU Lantai 1, Rabu, 17 September 2020. Kegiatan tersebut dibuka oleh Rektor UTU, Prof. Dr. Jasman J. Ma`ruf, SE.,MBA.

Prof. Jasman antara lain mengatakan, “penelitian kita sudah madya, uang sudah banyak. Kalau ke depan, klaster  kita lebih bagus, tentu akan lebih banyak lagi diberikan uang untuk kita. Tapi masalahnya sekarang, bagaimana kita dapat memanfaatkan secara maksimal uang yang telah dialokasikan itu. Caranya, hasilkanlah proposal penelitian dan pengabdian yang dianggap sangat relevan dan disesuaikan dengan agro and marine industri.”

Sekretaris LPPM-PM-UTU, Herdi Susanto, ST.,MT, yang juga sebagai pemateri antara lain dijelaskan, intinya adalah LPPM-PMP mulai tahun 2020 telah menggunakan aplikasi berbasis web untuk pengusulan proposal penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Aplikasi berbasis web yang di beri nama siripmu (sistem infromasi riset, pengabdian masyarakat dan penjaminan mutu) dapat diakses pada laman siripmu.utu.ac.id. Aplikasi ini dirancang untuk memudahkan dosen peneliti dan pengabdi untuk mengusulkan proposal penelitiannya secara daring dimasa pandemi covid-19.

Herdi juga menyebutkan, proposal penelitian dan pengabdian yang diusulkan oleh dosen UTU  juga akan dinilai oleh reviewer eksternal dan internal secara online. Skema penelitian yang dibuka tahun 2020, pertama; skema penelitian Asisten Ahli (PAA). Kedua, skema Penelitian Lektor (PL). Ketiga, skema Penelitian Lektor Kepala dan Guru Besar (PLK & GB). Skema pengabdian kepada masayarakat yaitu  skema Pengabdian Berbasis Riset (PBR). harus merujuk kepada 8 fokus riset sesuai dengan arahan Rektor UTU. Delapan fokus riset yang dimaksud adalah (1) Pangan-Pertanian, (2) Energi baru dan terbarukan, (3) Kesehatan-Obat, (4) Transportasi, (5) Teknologi Informasi dan Komunikasi, (6) Material Maju, (7). Kemaritiman, (8) Sosial Humaniora-Seni Budaya-Pendidikan. Proses submit proposal, dengan batas waktu hingga 20 September 2020, dengan menggunakan aplikasi siripmu.utu.ac.id. (***)

 

 

 

Lainnya :