LPPM UTU Gelar Lokakarya Bagi Mahasiswa KKN di Abdya
  • UTU News
  • 02. 08. 2019
  • 0
  • 178

MEULABOH – Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Teuku Umar (LPPM UTU), mengadakan kegiatan lokakarya untuk melihat program yang sudah dijalankan oleh mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) UTU di Kabupaten Aceh Barat Daya, 1 Agustus 2019. Kegiatan ini diikuti oleh Pemda Abdya, Camat, dan seluruh mahasiswa yang tergabung dalam empat kecamatan yang diadakan KKN yaitu Blang Pidie, Susoh, Suak, dan Babahrot. Tema Lokakarya, “Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa dan Masyarakat Dalam Membangun Agro and Marine Untuk Kemandirian Desa”.

Ketua Panitia KKN-PPM UTU, Khairun Nisa, SP., MP., mengatakan “Kegiatan KKN mahasiswa UTU saat ini berjalan dengan lancar dan sangat banyak ide-ide kreatif yang dikembangkan bersama masyarakat. Dan kegiatan tersebut semuanya melibatkan masyarakat, sehingga hal ini bisa terus dikembangkan setelah program KKN ini selesai nantinya.” ungkapnya.

Kegiatan lokakarya ini juga diikuti dengan menampilkan produk-produk hasil karya mahasiswa KKN, seperti keripik, nugget, sirup dan produk olahan lainnya dari ide pengembangan mahasiswa dan desa. Dan dalam hal ini, masih ada program yang sedang dilaksanakan oleh mahasiswa dan masyarakat diantaranya festival anak saleh dan lainya.

Rektor Universitas Teuku Umar Prof. Dr. Jasman J. Ma’ruf, SE., MBA, dalam sambutannya menyampaikan “Program yang sudah dilaksanakan oleh mahasiswa KKN UTU sudah sangat luar biasa, dan banyak hal yang bisa lebih dikembangkan terutama dalam bidang pertanian dan perikanan, apalagi sangat banyak produk yang dipresentasikan hari ini yang menandakan bahwa mahasiswa KKN ini sudah sangat kreatif dan inovatif dalam mengembangkan ide dari hal sekecil apapun”, jelasnya.

Inovasi dan kreativitas yang dikembangkan oleh mahasiswa mendapatkan banyak apresiasi. Hal ini, melihat pemberdayaan dan kolaborasi yang dilakukan bersama masyarakat untuk membangun desa dari berbagai aspek dan bisa memanfaatkan peluang kecil untuk menjadikan sebagai modal pengembangan ekonomi masyarakat.

Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya, yang diwakili oleh Asisten I Amrizal, S.Sos, mengungkapkan bahwa “Pemerintah Abdya akan terus mendukung setiap bentuk kreatifitas dan inovasi yang dilakukan, terutama dari kalangan muda seperti mahasiswa KKN yang sekarang melakukan pengabdian di wilayah abdya. Kami mengharapkan mahasiswa KKN ini untuk terus dapat memberikan pendampingan dalam pengembangan desa di kabupaten Abdya dan juga mengambil pengalaman tersebut untuk menjadi lebih baik ke depan.” Katanya.

Kegiatan KKN UTU yang sudah berjalan satu bulan diharapkan sebagai upaya meningkatkan motivasi masyarakat dalam menciptakan peluang di tengah persaingan ekonomi yang semakin maju. Dan tentunya kolaborasi pemerintah daerah dan pihak akademisi akan mendorong tercapainya kemajuan di bidang pertanian dan kelautan di Wilayah Barat Selatan Aceh. (Anhar Fazri)

Lainnya :