Lagi, Tim Robotik UTU Lolos Tahap 1 KRI Tahun 2021
  • UTU News
  • 09. 06. 2021
  • 0
  • 471

MEULABOH - UTU | Tim Robotik Universitas Teuku Umar (UTU) dari Prodi Teknik Mesin, Fakultas Teknik kembali meloloskan 1 tim pada seleksi tahap pertama di ajang  Kontes Robot Indonesia (KRI) tahun 2021 yang  diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek) RI.

Tim robot yang diberi nama MARINO dari prodi Teknik Mesin, Fakultas Teknik ini diketua oleh Zulfadly dengan anggota Reza Satria dan Muhammad Rizallul Fajri Hasan, Asri Efendi. Mereka dibimbing oleh Dosen Herri Darsan, ST., MT,.

Sebelumnya tim robotik UTU juga berhasil lolos seleksi tahap pertama di ajang Kontes Robot Terbang Indonesia (KRTI) Tahun 2021 yang juga diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional, Kemendikbudristek RI. Tim tersebut diberi nama Teuku Umar Racing (TUR) yang diketua oleh Muhammad Asri Mubin dengan anggota Zammiq Syari dan Muhammad Khatami. Mereka dibimbing oleh Dosen Zakir Husin, ST., MT, Syurkarni Ali, ST., MT dan Maidi Saputra, ST., MT, serta praktisi T. Raden Triolan Wijaya, S.Kom.

Kontes Robot Indonesia (KRI) adalah kegiatan kompetisi rancang bangun dan rekayasa dalam bidang robotika yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.  KRI 2021 ini memasuki tahun ke-19 sejak pertama kali diadakan pada tahun 2003 di bawah Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan pada saat itu.

KRI 2021 dibagi menjadi 5 divisi, yaitu: Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI), Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Beroda, Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Humanoid, Kontes Robot SAR Indonesia (KRSI), Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI), dan Kontes Robot Tematik Indonesia (KRTI).

Ketua Program Studi Teknik Mesin, Maidi Saputra, ST., MT kepada media UTUNews mengabarkan jika tim MARINO dalam ajang ini berhasil merancang Robot Abu Robocon. yang mampu menembakan anak panah secara otomatis dengan menggunakan sistem electro pneumatic.

"Tentunya keikutsertaan kita pada ajang KRI ini dapat mengangkat nama Universitas Teuku Umar secara umum dan Prodi Mesin secara khusus, mengingat ajang ini menurut pengalaman terdahulu hanya diikuti oleh universitas-universitas besar yang mampu mengembangkan teknologi rumit ini." Jelas Maidi Saputra.

Lanjutnya, hasil pengumuman ini menjadi langkah awal untuk melaju ditahapan berikutnya. Tim sudah mempersiapkan segala halnya. Mohon dukungan dan doanya agar dapat memberikan hasil yang terbaik serta mengharumkan nama alamamater di bidang robotik ini,” tambah Maidi Saputra

Sementara itu, Rektor UTU, Prof. Dr. Jasman J. Ma'ruf, SE., MBA mengapresiasi keberhasilan tim robotik UTU yang lolos seleksi tahap 1 diajang bergengsi ini dan berharap mampu melewati tahap-tahap selanjutnya hingga mencapai prestasi yang membanggakan.

"Selamat berkompetisi dan mendapatkan pengalaman berharga, semoga karya mahasiswa ke depan dapat lebih dikembangkan bukan hanya sekadar untuk menghadapi kompetisi KRI, melainkan untuk kemanfaatan yang lebih bagi masyarakat khususnya dibidang agro and marine indutry." Harap Prof. Jasman. (Aduwina Pakeh / Humas UTU).

Komentar :

Lainnya :