Kurangi Sampah Plastik, GenBI UTU Gelar Lomba Ecobrick di SDN Peunaga
  • UTU News
  • 15. 11. 2020
  • 0
  • 143

MEULABOH - UTU | Puluhan siswa dari Sekolah Dasar Negeri Peunaga, Meureubo, Kab. Aceh Barat mengikuti lomba membuat 'ecobrick' atau bata ramah lingkungan yang terbuat dari sampah plastik, Sabtu (14/11/20).

Perlombaan itu diprakasai oleh Komunitas Generasi Baru Indonesia (GenBI) Aceh Komisariat Universitas Teuku Umar (UTU). Kegiatan yang mengusung tema ‘’Memanfaatkan Sampah Plastik Jadi Ecobrick” ini diikuti oleh seluruh Anggota GenBI Aceh Komisariat UTU yang berdomisili di daerah Aceh Barat dan Nagan Raya.

Sri Putri Ayuni, pengurus GenBI UTU kepada media ini mengatakan kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk kepedulian terhadap peningkatan bakat kreatifitas yang dimiliki Anak-Anak.

"Dengan diadakannya lomba ini diharapkan dapat meningkatkan bakat serta kemampuan yang dimiliki, maka anak-anak akan memiliki pengetahuan dan ilmu yang luas sehingga dapat membuat mereka untuk terus berkarya dan inovatif di masa pandemi saat ini. Hal ini juga dilakukan agar anak anak lebih peduli dengan lingkungan dan dibimbing agar meningkatkan rasa percaya diri dalam kemampuan Anak-anak yang di didik dengan sejak dini." Jelasnya.

Sementara itu Ketua GenBI Aceh Komisariat Universitas Teuku Umar Suci Annisa, menjelaskan Ecobrick merupakan botol plastik yang diisi padat dengan limbah non organik untuk membuat benda-benda yang dapat digunakan kembali.

"Tujuan dari pembuatan Ecobrick adalah untuk mengurangi sampah plastik, serta mendaur ulangnya dengan media botol plastik untuk dijadikan sesuatu yang berguna. Contoh pemanfaatan pembuatan ecobrick adalah untuk pembuatan meja, kursi, tembok, maupun barang kesenian lainnya. Edukasi seperti ini sangat bermanfaat bagi anak usia sekolah, karena bisa menumbuhkan dan mengembangkan bakat-bakat yang mereka miliki agar tersalurkan dan menjadi edukasi dini bagi mereka untuk menjaga lingkungan agar terbebas dari sampah plastik" ujar Suci Annisa. (Aduwina Pakeh / Humas UTU).

Komentar :

Lainnya :