Korps PMI-UTU Menggelar Donor Darah Bagi Mahasiswa dan Dosen
  • UTU News
  • 21. 03. 2019
  • 0
  • 303

MEULABOH – Korps Sukarela (KSR) Pelang Merah Indonesia Unit Universitas Teuku Umar (PMI-UTU) melakukan kegiatan donor darah untuk kalangan mahasiswa dan dosen. Donor darah yang digelar KRS PMI UTU bekerjasama dengan jajaran RSUD Cut Nyak Dhien (CND) Meulaboh, yang dilaksanakan di UTU, 20 Maret 2019.

Ketua Bidang Pertolongan Pertama KSR PMI UTU, Satria Saputra, didampingi Komandan KSR PMI Unit UTU Eka Manda Sari menjelaskan, mahasiswa dan dosen UTU yang mendaftarkan diri menjadi pendonor darah itu, 60 orang. Sementara, yang dapat diperoleh kantong darah hanya 13 kantong. Kegiatan donor darah itu sudah berlangsung beberapa kali. Dan setiap ada kegiatan donor darah peminat untuk menjadi pendonor itu selalu tinggi.  

Mairizal, Kepala Instalasi UTD RSUD CND Meulaboh menyampaikan terima kasih atas kerjasamanya dalam pelakasanaan donor darah di UTU yang dimotori oleh KSR PMI UTU. Dengan terlaksananya kegiatan donor darah mulai pagi sampai siang hari, namun yang dapat kita peroleh hanya 13 kantong darah dari pendonor yang mencapai 60 orang. “Yang belum dapat melakukan donor, karena hemoglobin rendah. Darah yang kita peroleh ini, akan kita sumbangkan kepada pasien di RSUD yang membutuhkannnya, khususnya bagi pasien yang sifatnya emergency, misalnya karena pendarahan melahirkan, pasien thalassemia dan pasien himidialisa (cuci darah)”, ujar Mairizal.

“Ke depan, kami berharap, KSR PMI UTU dapat terus melaksanakan program donor rutin secara massal demi untuk membantu masyarakat yang membutuhkan darah. Dengan donor darah yang sesuai dan tepat waktu bisa menyehatkan diri kita disamping kita bisa beramal. “Setetes darah kita bisa menyelamatkan saudara-saudara kita yang lain, dengan izin Allah SWT”.

“Dari awal saya takut donor darah karena belum pernah sebelumnya, ternyata setelah selesai donor darah pikiran dan kepala saya menjadi enak dan nyaman”, begitu pengakuan Mujahidin, mahasiswa Fakultas Ekonomi UTU. (Zakir)

Lainnya :