Kompetisi Lomba Inovasi TTG Yang
  • UTU News
  • 16. 07. 2019
  • 0
  • 244

MEULABOH – Kompetisi Lomba Kategori Inovasi Teknologi Tepat Guna (TTG) Masyarakat Kabupaten Aceh Barat, yang didampingi Dosen dan Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Teuku Umar (FT-UTU), memperoleh juara harapan II pada Pekan Inovasi Pemberdayaan Masyarakat Gampong (PIPMG) Se-Provinsi Aceh, yang dilaksanakan di Kota Simpang Tiga Redelong, Desa Bale Atu Kecamatan Bukit Kabupaten Bener Meriah, Provinsi Aceh.

Sekretaris Prodi Teknik Mesin FT-UTU, Sulaiman Ali, ST.,MT sebagai Inovator sekaligus pendamping masyarakat produktif Kabupaten Aceh Barat menjelaskan, ajang PIPMG yang berlangsung selama lima hari, 9 -13 Juli 2019 itu, merupakan kompetisi gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) pada kategori produk inovasi.

Kompetisi Lomba Inovasi Teknologi Tepat Guna (TTG) Aceh Barat, memperoleh juara harapan II Se-Provinsi Aceh. Kategori yang dilombakan dalam ajang Inovasi TTG tersebut adalah “Kapal Boat Petani Tambak Bertenaga Surya” dan sebagai innovatornya,  Sulaiman Ali.

Sulaiman Ali yang juga Ketua Program Pengembangan Penddikan Agama Islam (P3AI) Universitas Teuku Umar (UTU) mengatakan,  sebelumnya Kabupaten/Kota sebagai finalis yang lolos dalam  enam besar lomba Inovasi TTG ke X tahun 2019,  termasuk Kabupaten Aceh Barat.

Selain Kabupaten Aceh Barat, yang masuk enam besar adalah Banda Aceh, innovator adalah  Prof. M. Dani Supardas, dengan katagori yang dilombakan berjudul, “Alat Produksi Minyak Nabati Multi Umpan”. Bener Meriah, innovatornya, Salmah, judulnya, “Alat Reeycle Sampah”. Aceh Tamiang, innovatornya Irwansyah Putra dengan judul “Cultivator Mini IP 2015”. Pidie Jaya, inovatornya Jafaruddin, “Alat Sangrai Otomatis Multifungsi”. Dan Kota Langsa, inovatornya Ibrahim , yaitu ” Slow Start Sederhana”.

Sebagiaman berita yang lalu, Kategori lomba yang diikuti oleh Tim Teuku Umar Muda 001, yaitu  Sulaiman Ali, ST., MT, Delly Syahputra, Antoni, Anton Azmi dan Erwin Syahputra. Sedangkan produk yang diikutsertakan dalam kompetisi tersebut  adalah kapal/boat Petani Tambak Bertenaga Surya.

“Produk ini sudah dipaparkan di hadapan dewan penilai dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong  Provinsi Aceh. Respon  tim dewan juri maupun dari masyarakat untuk produk ini sangat baik dan direferensikan untuk dikembangkan dan digunakan masyarakat petani tambak. Respon yang sangat baik juga juga turut disampaikan.H. Sarkawi, Bupati Bener Meriah dan Waled Husaini Abdul Wahab Wakil Bupati Aceh Besar”, ujar Sulaiman Ali.

Dijelaskan, pada katagori berikutnya Tim Aceh Barat menurunkan produk berupa alat destilasi air laut berbasis energi surya dan energi elektrik untuk penyediaan air bersih dan garam, Produk ini berkompetisi memperebutkan untuk katagori produk unggulan. “Produk unggulan ini diikuti oleh Tim Teuku Umar Muda 002 dengan anggota tim Syurkarni Ali, ST., MT, Kamarul Waliden, Sulaiman Ali, ST.,MT dan Ferdi Fernanda”.

Disamping  gelar dan lomba Teknolog Tepat Guna (TTG) se-Aceh ke XIV tahun 2019, kegiatan tersebut dirangkai dengan gotong royong masal dalam acara pencanangan BBGRM XVI, Hari Kesatuan Gerak  PPKK ke 47 dan Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) Ke XXVI dan sejumlah kegiatan lainnya.

Acara ini diikuti 23 Kabupatan/Kota Se-Aceh dan di buka oleh Bupati Bener Meriah, H. Sarkawi dan turut dihadiri Wakil Bupati Aceh Tengah, Kepala DPMG Aceh, Kepala BKKBM Perwakilan Aceh, Kepala DPMG Kabupaten/Kota Se-Provinsi Aceh, Ketua TP-PKK Kabupaten/Kota Se-Provinsi Aceh dan Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Aceh serta unsur lainnya.(***)

Lainnya :