Kolaborasi Pengabdian Masyarakat Tiga Universitas di Kawasan Ekowisata Kepulauan Banyak Aceh Singkil
  • UTU News
  • 06. 04. 2021
  • 0
  • 305

MEULABOH - UTU | Tiga Perguruan Tinggi Negeri di Aceh yang terdiri dari Universitas Teuku Umar, Universitas Malikussaleh dan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh berkolaborasi melakukan pengabdian masyarakat di Kepulauan Banyak, Aceh Singkil.

Kegiatan yang dilaksanakan mulai 02 hingga 06 April 2021 ini diikuti seramai 32 orang. Dari UTU dihadiri Wakil Rektor III, Kabiro Umum dan Keuangan, Dekan FPIK, FISIP, FKM dan F. Teknik dan Kepala LPPM. Dari Unimal turut hadir Rektor, Pembantu Rektor 2, 3 dan 4, dekan Pertanian dan pembantu dekan lingkup unimal dan dosen pembimbing. Sementara dari UIN Ar-Raniry diwakili Wakil Rektor III dan Wadek Fakultas Dakwah. Selain para pimpinan, kegiatan ini juga melibatkan para mahasiswa dari unsur Ormawa.

Kedatangan rombongan pengabdian masyarakat ini disambut langsung oleh Camat setempat, Mawardi, S.Pd. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan ucapan terimakasih. "Ini merupakan kegiatan perdana disini yang dilaksanakan secara kolaborasi 3 PTN di Aceh, atas kunjungan dan dukungannya untuk pengembangan ekowisata di pulau banyak kami ucapakan terimakasih." Ujarnya

Lebih lanjut, ia berharap kedepan peran akademisi khususnya mahasiswa dalam pengembangan dan memetakan potensi pariwisata di pulau Banyak ini diintensifkan, apalagi nanti pulau ini akan dikembangkan secara komprehensif oleh investor dari UEA. Secara khusus Camat mengucapkan terimakasih kepada Rektor UTU, Rektor Unimal dan Rektor UIN Ar-Raniry.

Sementara itu, Wakil Rektor III UTU, Dr. Mursyidin, MA dalam sambutannya mengapresiasi potensi yang dimiliki pulau banyak, yang jarang ditemukan di tempat lain.

"Pulau banyak merupakan salah satu destinasi pariwisata nasional dan akan dikembangkan oleh pemerintah pusat menjadi daerah tujuan wisatawan dalam dan luar negeri, sehingga sekarang perlu satu kajian akademik terhadap potensi pengembangan pariwisata," Katanya

Lanjutnya, pulau banyak sungguh sangat indah bahkan salah satu pulau terindah di dunia, maka perlu kita promosi bersama dan harapan kepda pemerintah dan masyarakat harus betul betul siap menyambut kedatangan tamu dari luar yang tentu berbeda budaya dan adat istiadat kita.

"Kegiatan ini merupakan kolaborasi pengabdian atas kesepakatan 3 PTN di Aceh, sehingga dengan dilakukan pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa merupakan permulaan melaksanakan tridarma perguruan tinggi kedepannya". Tutup Dr. Mursyidin.

Komentar :

Lainnya :