Kepala BPS Provinsi Aceh Beri Kuliah Umum di Universitas Teuku Umar
  • UTU News
  • 04. 09. 2019
  • 0
  • 1306

MEULABOH, UTU - Guna menambah pengetahuan dan wawasan mahasiswa, Universitas Teuku Umar (UTU) mengadakan Kuliah Umum bekerjasama dengan Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Aceh bertempat di Aula utama, Kampus UTU, Jalan Alue Peunyareng, Ujong Tanoh Darat, Meureubo Rabu, (4/9/2019).

Kuliah umum yang bertema "Data vs Penelitian" ini dibuka secara langsung oleh Rektor UTU, Prof. Dr. Jasman J. Ma'ruf, SE., MBA dengan pemateri utama adalah Kepala BPS Provinsi Aceh, Drs. Wahyudin, MM. Perkuliahan yang merupakan rangkaian kegiatan kerjasama UTU dengan BPS Provinsi Aceh, bertujuan untuk menjalin kerjasama antara kedua lembaga ini.

Kegiatan yang dilaksanakan oleh Fakultas Ekonomi Universitas Teuku Umar ini turut melaksanakan penandatanganan MoA FISIP UTU & BPS Provinsi Aceh; penandatanganan MoU & MoA UTU dan BPS Kabupaten/kota se Barat Selatan Aceh (8 Kab/kota) serta pencanangan "Kampus Pelopor Sensus".

Pada pemaparannya, Drs. Wahyudin, MM menjelaskan bahwa BPS bertanggung jawab langsung pada Presiden. BPS tidak bertanggungjawab pada menteri tertentu, dan tidak juga di bawah kementrian atau lembaga, sehingga BPS bertugas secara independen. Tugas BPS adalah menyelenggarakan kegiatan statistik nasional, dan sebagai check and control semua angka statistik lembaga pemerintah.

"Tidak semua data ada di BPS. BPS bertanggungjawab untuk menyelenggarakan dan mengumpulkan statistik dasar. Sementara statistik sektoral, adalah tugas kementrian/lembaga terkait," ujarnya.

Data yang dihasilkan BPS, dipublikasikan dan dapat diunduh secara gratis melalui website BPS. "Jadi tidak perlu repot jauh-jauh datang ke kantor BPS. Tidak perlu ribet. Hanya dengan bermodalkan internet, semua publikasi yang di hasilkan oleh BPS bisa didapatkan oleh semua orang, di mana saja," jelasnya.

Drs. Wahyudin, MM turut memaparkan materi seputar kerja-kerja BPS, metode pengumpulan data, sumber data BPS, tingkatan informasi, indikator yang digunakan dalam mengumpulkan data, siklus pengadaan data BPS, desiminasi data, pemanfaatan data dan berbagai informasi lainnya yang sangat bermanfaat bagi peserta kuliah umum, baik untuk dosen maupun mahasiswa.

Sebagai penutup, Drs. Wahyudin, MM menyampaikan dengan adanya kerjasama ini, jika ada keperluan mahasiswa maupun pihak kampus terkait data statistik dapat berkonsultasi langsung di BPS Provinsi Aceh maupun BPS kabupaten/kota dan pihaknya siap membantu.

"Jika mahasiswa UTU membutuhkan data untuk keperluan penulisan tugas akhir / skripsi, maka dapat langsung mengunduh data yang dibutuhkan di website resmi kita di www.aceh.bps.go.id ataupun di website kabupaten/kota. Kita selalu mengupdate data tertentu, seperti data inflasi dll. Kecuali data sensus yang memiliki waktu tertentu." Jelasnya.

Pada kegiatan ini, ditandatangani naskah Kerjasama antara UTU dengan BPS Provinsi Aceh. Penandatanganan ini dilakukan oleh Rektor UTU, Prof. Dr. Jasman J. Ma'ruf, SE., MBA dan Kepala BPS Provinsi Aceh Drs. Wahyudin, MM

Pada sambutannya dalam acara pembukaan, Prof. Dr. Jasman J. Ma'ruf, SE., MBA menyampaikan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada pihak BPS Provinsi Aceh. "Secara pribadi dan civitas akademik sangat berterimakasih kepada BPS dalam kesibukannya, bisa menyempatkan diri berkunjung ke kampus Universitas Teuku Umar, Saya berharap kerjasama ini dapat berlanjut ke depan," ucapnya.

Rektor menambahkan UTU didirikan selain bidang pendidikan juga untuk penelitian sosial. Selain itu, UTU memiliki visi menjadi sumber inspirasi dan referensi dalam pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan bisnis disektor industri berbasis agro and marine (Agro and marine industry) diperingkat regional (2025), nasional (2040), dan internasional (2060) melalui riset yang inovatif kreatif dan berdaya saing tinggi.

"Untuk mewujudkan visi itu, kita terus perkuatkan diri dengan memperbanyak research dan mempersiapkan data penelitian dan lain-lain. Untuk itu dengan adanya kerjasama ini mahasiswa bisa bicara dengan data, karena saat ini Indonesia memasuki industi 4.0." Lanjutnya

Pada kuliah umum ini mahasiswa dan dosen sangat antusias bertanya kepada pihak BPS. Kegiatan ini dihadiri sekitar 350 orang peserta diantaranya dosen dan mahasiswa dari berbagai program studi yang ada di UTU.

Turut hadir dalam kegiatan kuliah umum ini antara lain, Dekan FE UTU, Dr. Zulham, SE., M.Si; Dekan FPIK UTU, Prof. Dr. M. Ali Sarong, M.Si; Dekan FISIP UTU, Basri, SH., M.Hum; Dekan FP UTU, Ir. Yuliatul Muslimah, MP dan Ketua Senat Universitas Teuku Umar, Andi Yusra, ST., MT. Selain itu dari pihak BPS Provinsi Aceh hadir diantaranya 3 orang setingkat Kepala Bidang, yaitu Kabid IPDS, Oriza Santifa, M.Si; Kabid. Neraca Wilayah dan Analisis, Tasdik Ilhamudin, S.Si., M.Si; Kabid. Statistik Distribusi, Kenda Paryatno, S.Si., M.E. Selanjutnya hadr juga para kepala BPS kabupaten/kota sepantai barat selatan Aceh. (Aduwina).

Bbbb

Komentar :

Lainnya :