Kenalkan SIBIMA, Kepala Balai Jasa Konstruksi Wilayah 1 Banda Aceh Isi Kuliah Umum di UTU
  • UTU News
  • 22. 02. 2021
  • 0
  • 319

MEULABOH - UTU | Dalam rangka mengawali kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka semester genap tahun akademik 2020/2021. Fakultas Teknik Universitas Teuku Umar menggelar kuliah umum perdana yang bertemakan Melalui Pembekalan Keahlian dan keterampilan, Kita Tingkatkan Kompetensi Mahasiswa dalam Menunjang Merdeka Belajar Kampus Merdeka”. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula Gedung Terintegrasi UTU, 22/02/2021.

Kegiatan tersebut digelar dengan maksud ialah untuk meningkatkan performa kompetensi mahasiswa melalui pembekalan dan keahlian dan keterampilan dalam rangka menunjang program Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang sedang digelorakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Kegiatan yang diprakarsai oleh Fakultas Teknik UTU yang bekerjasama dengan Balai Jasa Konstruksi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Wilayah I Banda Aceh tersebut dibuka secara langsung oleh Rektor UTU, Prof. Dr. Jasman  J. Ma’ruf, SE, MBA, serta turut didampingi Dekan Fakultas Teknik UTU, Dr. Ir. M. Isya, MT.

Dalam sambutannya Prof. Jasman berharap kepada Balai Jasa Konstruksi agar kiranya dapat membuka kelas khusus di UTU dimana yang menjadi tim pengajar adalah praktisi dari Balai Jasa Konstruksi Wil. I Banda Aceh.

Sementara itu, kepala Balai Jasa Konstruksi WIL. I Banda Aceh Kementerian PUPR, Ir. M. Hilal, M.T dalam penyampaian materi kuliah umumnya menyampaikan bahwa di zaman sekarang ini perlu sangat yang namanya kreatif dan inovatif dalam rangka menghadapi perubahan sosial, budaya, dunia kerja dan kemajuan teknologi yang pesat. Disamping itu mahasiswa perlu meningkatkan kompetensi untuk menghadapi kebutuhan zaman.

Ia menambahkan, hadirnya tenaga kerja konstruksi dan industri yang kompeten dengan rasa percaya diri yang tinggi memiliki kompetensi tambahan dan sertifikasi kompetensi sangat diperlukan. Untuk itu dengan kehadiran Sistem Informasi Belajar Intensif Mandiri (SIBIMA) bidang konstruksi dan industri  akan memfasilitasi mahasiswa yang fresh graduate untuk diberikan pelatihan-pelatihan baik secara Distance learning maupun luring untuk menjadi ahli muda.

“Melalui program SIBIMA juga berupaya mengadakan pendampingan pelatihan guna mendapatkan bukti kompetensi melalui sertifikat Ijazah pendamping selain ijazah kelulusan Sarjana, materi tambahan di SIBIMA Konstruksi dan Industri akan memuat materi yang akan menjadi pekerjaan di lapangan sehingga  menjembatani kurikulum proses akademik dan jasa konstruksi agar link and match. SDM ini untuk mendukung pembangunan infrastruktur dan industri Indonesia, salah satu penentunya ketersediaan rantai pasok tenaga kerja dengan kualifikasi yang kompeten,”tutupnya.

Untuk diketahui acara Kuliah Umum ini diadakan secara daring dan luring, turut dihadiri oleh perwakilan Perguruan Tinggi seluruh Provinsi Aceh dan luar Aceh di lingkup wilayah Kerja Balai Jasa Konstruksi WIL. I Banda Aceh, Instansi pemerintahan Provinsi Aceh dan Instansi pemerintahan di daerah wilayah Barat Selatan  serta perusahaan –perusahaan yang bergerak di bidang industri dan jasa. (Ikhsan)

Komentar :

Lainnya :