Juara UTU Awards 2018 dapat Hadiah Kuliah 1 Semester ke Luar Negeri
  • UTU News
  • 09. 11. 2019
  • 0
  • 339

MEULABOH, UTU - Dua mahasiswa Universitas Sumatera Utara, Andika Pratama dan Farhan Khalil Sani mendapatkan kesempatan mengikuti perkuliahan 1 semester diluar Negeri. Hadiah istimewa itu diberikan oleh Kementerian Ristekdikti atas keberhasilan mereka meraih juara di ajang UTU Awards 4 tahun 2018 lalu dalam bidang produk inovatif berbasis agro dan marine.

Keduanya akan mengikuti program perkuliahan di Faculty Art and Science, Physics, Middle East Technical University (METU), Turki mulai 16 September 2019 hingga 14 Januari 2020.

Kegiatan tersebut merupakan hadiah istimewa yang didapatkan dari Ristekdikti dalam perlombaan UTU Awards 4 yang dilaksankan oleh Universitas Teuku Umar. Kegiatan ini mulai dilaksanakan pada tanggal 16 September 2019 dan akan berakhir pada tanggal 14 Januari 2020.

Andika, salah seorang peserta mengabarkan sukacitanya atas kesempatan kuliah ke Turki. Mereka mengucapkan terimakasih kepada UTU, lewat program inspiratif UTU, mereka berkesempatan meraih prestasi di ajang Nasional tersebut bahkan mampu mengantarkan mereka ke Negeri Erdogan tersebut.

Andika menceritakan pengalamannya selama kuliah di kampus METU, katanya bahasa pengantar dikampus tersebut adalah Bahasa Inggris, sehingga banyak mahasiswa International yang tertarik kuliah di Negara dua benua ini. METU juga menyediakan persiapan kelas bahasa inggris dan terdapat 5 Fakultas dengan 43 program sarjana yang dapat dipilih. Sementara program lainnya yaitu 5 program pascasarjana dengan 107 program Master dan 69 program PhD.

Berdasarkan The Time Higher Education, METU berada pada peringkat 85 top university dan masuk dalam list “World University Rankings 2014-2015".

Kisah ini disampaikan oleh Dedi Darmansyah, M.Si yang merupakan salah seorang panitia pelaksana UTU Awards 5 2019.

Menurutnya, keberhasilan program UTU Awards 4 mengantarkan pemenang kuliah satu semester keluar Negeri, membuat Rektor UTU, Prof. Dr. Jasman J. Ma'ruf, SE., MBA meningkatkan status program UTU Awards menjadi program Internasional yang bisa diikuti oleh mahasiswa Internasional, bahkan hadiah kredit semester akan diberikan kepada para juara dari empat kategori perlombaan.

"Saat ini Universitas Teuku Umar sedang melaksanakan UTU Awards 5 dengan peserta tingkat Internasional yaitu Malaysia dan Brunei Darussalam dan penambahan hadiah kredit semester pada keempat bidang perlombaan UTU Awards 5 yaitu Produk Inovatif Berbasis Agro dan Marine, Perencanaan Bisnis, Riset Unggulan Berbasis Kewirausahaan dan Toko Online. Keempat perlombaan ini akan mencari pemenang selanjutnya dalam UTU Awards 5 yang berhak mendapatkan hadiah istimewa yaitu 1 semester kuliah diluar Negeri". Tutup Dedi. (Aduwina).

Komentar :

Lainnya :