Inspiring Speech di UTU, Billy Mambrasar Bangkitkan Semangat Berwirausaha di Masa Pandemi
  • UTU News
  • 17. 02. 2021
  • 0
  • 432

MEULABOH - UTU | Staf Khusus Presiden RI Joko Widodo, Billy Mambrasar, ST., B.Sc., MBA., M.Sc melakukan kunjungan kerja ke Universitas Teuku Umar dalam rangka pembinaan Inkubator Bisnis Teknologi - UTU dan Inspiring Speech kepada mahasiswa dan pelaku usaha atau tenant binaan IBT-UTU.

Dalam pertemuan yang diselenggarakan di Aula Lantai II, Gedung Kuliah Terintegrasi, Kampus UTU, Alue Penyareng, Rabu (17/2/21), pria yang juga merupakan Duta Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) Indonesia ini lebih banyak menceritakan tips dan trik dalam membangkitkan kembali usaha rintisan pascapandemi Covid-19. Bagaimana memanfaatkan peluang yang ada ditengah berbagai tantangan dimasa pandemi.

CEO Kitongbisa ini juga membagikan kisah inspiratifnya saat menempuh pendidikan sampai diberi kepercayaan membantu Presiden Joko Widodo.

Dalam kunjungan keduanya ke UTU ini, Billy memuji perkembangan Universitas baik dari segi pembangunan insfrastruktur maupun keberhasilan UTU meraih Akreditasi BAIK SEKALI. Sebagai kampus PTNB yang letaknya paling barat di Indonesia, menurutnya UTU telah mampu memaksimalkan SDM yang ada dan melakukan usaha-usaha yang kreatif dan inovatif.

"Bahkan Mendikbud Nadiem Makarim baru-baru ini memberikan testimoni dan apresiasi kepada Universitas Teuku Umar, khususnya dalam usaha pembinaan Inkubator Bisnis Teknologi yang akan menjadi center untuk inkubasi usaha UMKM di Aceh." Jelas Mas Billy

Billy juga memotivasi mahasiswa agar saat terlibat di organisasi atau komunitas para mahasiswa menyiapkan legacy untuk pewaris berikutnya. “Jadi pemimpin jangan hanya cepat saja, sebentar saja, tapi kita sebagai pemimpin bertanggung jawab untuk mempersiapkan yang berikutnya lagi. Kita siapkan untuk pemimpin yang berikutnya, kita jangan melihat bahwa kita harus selalu ada di sini,” ujarnya.

Billy juga mengapresiasi Rektor UTU Prof Jasman dan jajarannya atas keberhasilan membentuk dan membina Inkubator Bisnis Teknologi, yang kemudian diharapkan akan mampu meningkatkan sektor bisnis dan kewirausahaan bagi mahasiswa dan masyarakat di Aceh.

Dalam pertemuan tersebut, Billy juga mengungkapkan, untuk memupuk jiwa kewirausahaan generasi muda, dirinya berkolaborasi dengan kementerian dan lembaga, mengadakan berbagai program pelatihan UMKM dan mendorong anak-anak muda untuk dapat menjadi pelaku bisnis.

“Kami memang mendorong khususnya anak-anak muda Indonesia untuk dapat mempertimbangkan memilih profesi wirausaha, setelah mereka lulus, jadi dapat meningkatkan kesejahteraan dan mengurangi kemiskinan di Provinsi Aceh,” katanya. 

Terkahir, Billy menyampaikan apa yang telah dilakukan oleh Universitas Teuku Umar hingga detik ini adalah sangat luar biasa, sehingga diharapkan agar dapat menginspirasi banyak pihak untuk melakukan usaha - usaha untuk perbaikan ekonomi dan pembangunan yang berkelanjutan.

Kegiatan yang dipandu oleh Ketua IBT-UTU, Sayed Ahmad Kabiru Rafiie, SE., MBA ini diikuti oleh seluruh unsur pimpinan UTU yang terdiri dari Rektor, para Wakil Rektor, Kabiro, unsur eksternal seperti para pelaku usaha, perbankan, dan lain-lain. (Aduwina Pakeh / Humas UTU)

Komentar :

Lainnya :