HMM-FT UTU Gelar Webinar Nasional dan Expo Mechanical Engineering
  • UPT_TIK
  • 15. 11. 2020
  • 0
  • 225

MEULABOH, UTU – Mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Mesin, Fakultas Teknik Universitas Teuku Umar (HMM-FT UTU), menyelanggarakan Webinar Nasional dan Expo Mechanical Engineering (EME) 2020 secara Online, Sabtu 14 November 2020. Webinar Nasional dan Expo tersebut dibuka oleh Dekan FT UTU,  Dr. Ir. M. Isya, MT.

Webinar Nasional yang bertema, “Meningkatkan Pengetahuan Teknik Mesin pada Era Revolusi Industri 4.0”,  narasumber adalah Dr. Irwansyah, ST., M.Eng (Ketua Jurusan Teknik Mesin dan Industri Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala), Ir. Khairil Ansar (Ketua Forum Komunikasi Pabrik Minyak Kelapa Sawit Se-Kabupaten Nagan Raya dan GM Mill PT. UND Nagan Raya). Kedua narasumber tersebut merupakan Putra Meulaboh - Kabupaten Aceh Barat

Dalam sambutannya saat membuka Webinar Nasional dan EMM, Dr.M. Isya menyampaikan, Universitas Teuku Umar memiliki core product (pola pokok ilmiah) yaitu agro and marine industry dengan Visi sebagai sumber inspirasi dan referensi dalam pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan bisnis, serta memiliki Misi antara lain menyelenggarakan program pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, informasi dan seni budaya yang relevan dengan kebutuhan pembangunan baik ditingkat regional, nasional dan internasional.

Menurut  Dr. M. Isya, salah satu penggeraknya dalam core product UTU adalah Jurusan Teknik Mesin. “Kalau Jurusan Teknik Mesin tidak inovatif dan tidak berkembang maka bisa macet visi dari agro and marine industrynya.”

Linkup Teknik Mesin itu sangat luas di semua lini, mulai dari membatu masyarakat dari alat kerja, serta pengembangan teknologi atau inovasi disektor agro and marine. Ke depan, Teknik Mesin harus lebih bersemangat mengembangkan seperti energi surya yang bisa dikembangkan dalam meningkatkan usaha atau kerja masyarakat. Kedepan, Teknik Mesin harus mempu mengikuti dan berjalan  sesuai dengan konsep merdeka belajar di kampus merdeka dari pihak perusahaan  industri nantinya seperti industri minyak kelapa sawit bisa mengajar di kampus. “Kepada mahasiswa saya menyampaikan dan berharap supaya terus melakukan pengembangan diri dari ilmu teknik mesin dan soft skilis nya serta mengembangkan jaringan”, ujar M. Isya mengharapkan.

Webinar Nasional HMM-FT UTU dipandu langsung sebagai moderator, Sulaiman Ali, ST., MT (Dosen Teknik Mesin Fakultas Teknik UTU). Materi awal dipaparkan oleh narasumber pertama yaitu Dr. Irwansyah, ST., M.Eng, dengan materi, “Disrupsi Teknologi Agro and Marine Industry”. Dalam materi tersebut antara lain diuraikan, ada tiga bentuk perubahan yang mendasar, meliputi perubahan teknologi, perubahan skill baru, perubahan pekerjaan dan profesi, pekerjaan abad 20 perlahan-lahan akan digantikan oleh pekerjaan baru berbasis teknologi 4.0.

Dr. Irwansyah, lulusan Doktor Mechanical Engineering National Central University Taiwan ini  menjelaskan, disrupsi teknologi agro industry hampir semua telah berubah, seperti mengamiti tanaman, memberikan pupuk. Dengan cara begitu,  petani harus datang ke lokasi.  Namun, sekarang hampir semua diambil alih baik menggunakan perangkat berbasis kepada perangkat digital dan intelligence robotic, beberapa hal tentang pengamatan sejalan dengan visi misi UTU tentu hal ini sudah banyak dikembangkan oleh dosen-dosen seperti tingkat pendeteksi kemanisan buah berbasis android, smart irrigation untuk sistem pengendali otomatis irigasi lahan produksi dan juga tentang disrupsi Marine-Industry untuk mendukung marine industry.

Lebih lanjut, Dr. Irwansyah menegaskan,  diperlukan peran mahasiswa Teknik Mesin untuk berkarya dan berkompetisi di era disrupsi teknologi,  Revolusi Industri 4.0 meliputi kompetensi dalam penyelesaian kasus rekayasa teknik, penguasaan dan penguatan teknologi Revolusi Industri 4.0 pemodelan, simulasi dan komputasi, robotic dan mechatronic, penguasaan metode analitik dan numerik dalam penyelesaian kasus rekayasa teknik. Narasumber kedua, Ir. Khairil Ansar membahas  tentang perkembangan industri Pabrik Minyak Kelapa Sawit dan bagaimana manage pabrik zaman now dan flow process Pabrik Kelapa Sawit.

Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Mesin (HMM) FT UTU, Muhammad Khatami, didampingi Reza Satria, Sekretaris Umum Himpunan Mahsiswa Mesin (HMM) menjelaskan, Webinar Nasional dan Expo Mechanical Engineering (EME) 2020 ini diikuti oleh perserta dari berbagai universitas di seluruh Indonesia dengan jumlah peserta yang berhadir melalui zoom meeting 281 partisipan. Acara ini juga di siarkan melalui live youtube.  Expo EME 2020, dirangkai dengan lomba video inovasi, lomba desain poster yang diikuti dengan peserta Nasional Forum Mahasiswa Mesin Indonesia (FMMI), serta dewan juri pada perlombaan tersebut yaitu Syurkarni Ali, ST., MT, Herdi Susanto, ST., MT dan Murhaban, ST., M.Cs. Hasil lomba akan diumumkan pada Senin 16 November 2020. (***)

 

Lainnya :