HMJ Perikanan UTU Gelar Bakti Sosial 'Saweu Ureung Meulaot' di Aceh Barat
  • UTU News
  • 16. 09. 2020
  • 0
  • 150

MEULABOH - UTU | Himpunan Mahasiswa Jurusan Perikanan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Teuku Umar (HIMAPIKAN FPIK UTU) Melaksanakan kegiatan “Saweu Ureung Meulaot di Tengah Pandemi COVID-19”. Kegiatan itu dilaksanakan dalam rangka sosialisasi pencegahan Covid-19 dan Bakti Sosial, di Desa Rundeng, Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat, Sabtu (12/09/20).

Kegiatan ini diikuti oleh aparatur desa dan warga Desa Rundeng, mahasiswa, komunitas Gerakan Peduli Lingkungan (GPL), dan juga turut serta tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 (GTPPC-19) Aceh Barat yang mengisi materi pada acara sosialisasi pencegahan Covid-19.

Demi mencegah penyebaran COVID-19, kegiatan ini juga diselenggarakan dengan mengikuti protokol kesehatan seperti mencuci tangan menggunakan sabun, mengukur suhu tubuh, menjaga jarak, serta wajib menggunakan masker.

Ketua Panitia dari HIMAPIKAN FPIK UTU Syahrul Muhharram kepada media UTUNews mengatakan kegiatan tersebut dibagi atas tiga kegiatan, yakni sosialisasi bahaya dan pencegahan penyebaran COVID-19, pembagian masker gratis kepada masyarakat, dan Bakti sosial dengan melakukan aksi pembersihan pantai.

"Kasus positif COVID-19 di Aceh terus meningkat. Bahkan total warga yang terpapar virus corona di Aceh sejak Maret lalu mencapai 2.526 orang. Hal ini sangat menimbulkan keresahan diantara masyarakat. Sebagian masyarakat sekarang enggan ke rumah sakit karena takut di vonis positif Corona. Hal tersebutlah memacu mahasiswa untuk membantu meluruskan stigma dan permasalahan tersebut dengan mengadakan kegiatan ini"  Ujar Syahrul.

Sementara Ketua HIMAPIKAN FPIK UTU Hengki Wilhamdaya dalam kata sambutannya mengatakan kegiatan ini merupakan suatu wujud kehadiran mahasiswa dalam menjawab permasalahan-permasalahan yang ada di tengah masyarakat, khususnya masyarakat pesisir. Apalagi di tengah Pandemi COVID-19 ini yang sangat membuat masyarakat resah”.

Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 (GTPPC-19) Aceh Barat Irsadi Aristora, MH menyampaikan kepada masyarakat untuk tetap tenang. Selain itu beliau juga menegaskan kepada masyarakat untuk selalu mematuhi protokol kesehatan COVID-19, seperti mencuci tangan dengan sabun, memakai masker, menjaga jarak aman, serta menyediakan hand sanitizer guna meminimalisir penularan COVID-19.

Acara tersebut diakhiri dengan kegiatan Bakti Sosial (BAKSOS) yakni melakukan aksi pembersihan pantai bersama komunitas Gerakan Peduli Lingkungan (GPL) di kawasan pantai calok dan foto bersama. (Aduwina Pakeh / Humas UTU).

Komentar :

Lainnya :