GenBI UTU “Praktikkan Cuci Tangan Sehat” Bagi Murid SDN Peunyareng
  • UTU News
  • 11. 09. 2019
  • 0
  • 485

MEULABOH – Komunitas Generasi Baru Indonesia (GenBI) Aceh Komisariat Universitas Teuku Umar (GenBI UTU) melaksanakan sosialisasi dan praktik kesehatan cuci tangan bagi murid SD Negeri, Perumanas-Peunyareng, Kecamatan Meureubo, Kabupaten Aceh Barat,  Selasa, 10 September 2019.

Sosialisasi kesehatan mengusung tema "Menjaga Kesehatan Mencuci Tangan mulai dari 6 langkah tangan bersih pangkal sehat" .Kegiatan ini dilakukan guna membantu anak anak SD Negeri Perumnas- Peunyareng dalam hal menjaga kesehatan. Kegiatan Sosialisasi ini diikuti oleh lebih dari 50 Siswa SD Negeri setempat.

Ketua Panitia Genbi Komisariat UTU Devia Yurenda menjelaskan, kegiatan sosialisasi kali ini, GenBI Aceh Komisariat UTU meberikan materi terlebih dahulu sebelum mempraktikkan-nya dilapangan. “Praktik 6 langkah cuci tangan yang baik dan benar kami lakukan agar murid-murid SD Negeri Perumnas itu, terbiasa untuk menjaga dan memelihara kesehatan dalam kehidupan sehari-hari”, ujar Devia.

Dewasa ini anak-anak tidak terlalu memperhatikan kebersihan tangan, padahal setiap aktivitas yang mereka lakukan hampir semuanya menggunakan tangan. Untuk itu, kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk peningkatan nilai-nilai kebersihan pada anak. “Hadirnya GenBI  turut mensosialisasikan 6 langkah cara cuci tangan diharapkan dapat membantu anak dalam menjaga kebersihan”, sebut Devia.

Menurut Devia Yurenda, tujuan sosialisasi kesehatan ini untuk meningkatkan semangat dan nilai kesadaran pada murid di SD Negeri perumnas bahwa pentingnya menjaga kebersihan dimulai dari mencuci tangan. “Tingginya antusias murid-murid SD Negeri perumnas dalam mengikuti praktik cuci tangan yang langsung di ajari oleh teman-teman GenBI Aceh Komisariat UTU. Allhamdullilah antusias murid-murid SD Negeri begitu luar biasa. Murid-murid juga sangat siap dan bersemangat  mengikuti arahan dan bimbingan dari kami", Kata Devia.

Sementara itu Rahmat Dilta Harahap, Ketua GenBI Komisariat UTU mengharapkan, semoga dengan adanya kegiatan ini adik-adik murid SD Negeri Perumnas, Peunyareng akan menjadi pribadi yg lebih cinta dengan kebersihan.

"Kegiatan ini sangat penting disosilalisasikan, karena kebersihan tangan adalah kunci utama agar tubuh juga sehat dan terhindar dari penyakit yang bersumber dari kuman-kuman yang berada di tangan, sehingga kita harapkan melalui sosialisasi ini adik-adik dapat mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari", sebut Rahmat Dilta Harahap.

Kegiatan diakhiri dengan penyerahan sabun cuci tangan dan sapu tangan kepada Kepala Sekolah SDN Perumnas Peunyareng agar dapat digunakan nantinya. Sebelum acara berakhir dan berpamitan, seluruh murid, para guru SD Negeri Perumnas-Peuyareng dan Komunitas GenBI Aceh Komisariat UTU melakukan foto bersama. (***)

Lainnya :