Gelar Wisuda ke-XI, UTU Luluskan 792 Mahasiswa
  • UTU News
  • 08. 03. 2021
  • 0
  • 807

MEULABOH - UTU | Universitas Teuku Umar (UTU) menyelenggarakan prosesi wisuda bagi lulusan program  Sarjana tahun akademik 2019/2020 selama tiga hari yaitu Senin, selasa dan Rabu (8-10 Maret 2020).

Wisuda kali ini dilaksanan secara luring atau offline di halaman Gedung Kuliah Terintegrasi (GKT), Kampus UTU dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

Rektor Universitas Teuku Umar, Prof. Dr. Jasman J. Ma'ruf, SE., MBA dalam sambutannya menyampaikan pelaksanaan wisuda ini sempat beberapa kali ditunda. Hal ini dilakukan dengan harapan pandemi Covid-19 usai dan jumlah kasus baru Covid-19 menurun.

Wisuda, jelas Rektor, merupakan tonggak yang sangat penting dalam seseorang meraih gelar pendidikan. Oleh sebab itu, Universitas Teuku Umar sangat menyadari bahwa para wisudawan begitu mendambakan wisuda bisa dilaksanakan secara luring dengan menggunakan toga kebanggaan, menikmati prosesi wisuda dengan teman seperjuangan, serta merasakan kebahagiaan bersama keluarga.  

Karena situasi di tengah pandemi Covid-19, maka wisuda kali ini dilaksanakan dengan prosedur yang sangat berbeda dengan wisuda-wisuda sebelumnya. Rektor juga menyampaikan agar seluruh pihak yang mengikuti prosesi wisuda tetap menjaga kesehatan secara bersama-sama dengan benar-benar menerapkan protokol kesehatan sebagaimana telah ditetapkan pemerintah. Selain itu wisudawan diwajibkan memakai masker dengan tepat, juga menggunakan hand sanitizer serta tetap menjaga jarak.

Dalam pidatonya Rektor berpesan kepada para wisudawan agar segera bersiap untuk menapaki kemandirian dan menjejaki kehidupan baru di luar kampus, baik pada ranah keluarga, profesi, masyarakat, maupun negara dan bangsa.

Beliau juga menyampaikan bahwa tantangan yang akan dihadapi berbeda dengan yang dihadapi generasi terdahulu, karena sekarang adalah era Revolusi industri 4.0. “Saudara-saudara wisudawan, sebagai bagian dari generasi Z, tidak lagi cukup bergantung pada IPK tinggi dan literasi lama yang hanya mengandalkan baca, tulis dan hitung, namun juga harus mengembangkan literasi baru, seperti: Literasi Data, Literasi Teknologi, dan Literasi Manusia. Ketiga literasi baru ini mutlak harus dikuasai oleh semua lulusan UTU” Ujarnya.

Pada moment wisuda ke XI ini, Rektor juga menyampaikan sejumlah capaian UTU yang sangat membanggakan, diantaranya UTU berhasil meraih Akreditasi dari BAN-PT dengan predikat BAIK SEKALI, selain itu UTU juga berhasil mendapatkan penghargaan sebagai Satuan Kerja terbaik pengelola dana SBSN untuk proyek pembangunan Gedung Kuliah Terintegrasi U2B.

"Insya Allah tahun 2022 mendatang, kita juga mendapatkan dukungan pembangunan Gedung U2C sebelah sisi kanan saya." Kata Prof Jasman sambil menunjuk gedung yang berada di belakang podium.

Proses wisuda Universitas Teuku Umar terbagi dalam tiga tahap yang dilaksanakan selama tiga hari berturut turut, yakni pada hari Senin, 8 Maret 2021 untuk Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) serta Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK); hari Selasa, 9 Maret untuk Fakultas Teknik dan Fakultas Kesehatan Masyarakat, sementara hari Rabu untuk Fakultas Ekonomi dan Fakultas Pertanian.  

Pembagian waktu pelaksanaan ini juga bagian dari penerapan protokol kesehatan, dimana prosesi wisuda  dilaksanakan mulai pukul 07.30 hingga pukul 11.00 WIB.  

Wisuda UTU periode tahun akademik 2019/2020 diikuti oleh 792 wisudawan dari 14 Prodi lingkup UTU yang telah menghasilkan lulusan. Adapun perinciannya dari FISIP yang paling banyak wisudawan yaitu 203, terdiri dari Ilmu Administrasi Negara 101 wisudawan, prodi Sosiologi 62 dan prodi ilmu komunikasi 40 wisudawan.

Kemudian dari Fakultas Teknik seramai 161 wisudawan yaitu dari Prodi Teknik Sipil 78 orang, Teknik Industri 46 orang dan teknik Mesin 37 orang wisudawan. Selanjutnya dari Fakultas Pertanian seramai 146 orang yang terdiri dari 3 prodi yaitu prodi Agroteknologi 75 orang dan prodi Agribisnis 71 orang.

Berikutnya dari Fakultas Ekonomi seramai 142 orang wisudawan yaitu dari prodi Ekonomi Pembangunan sebanyak 86 orang dan prodi Manajemen 56 orang. Selanjutnya dari prodi Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat seramai 90 orang.

Terakhir dari Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) sebanyak 50 orang yang terdiri dari prodi Perikanan 38 orang, Akuakultur 10 orang dan prodi sumberdaya akuatik 2 orang.

Sementara dari 792 lulusan, terdapat sebanyak 246 wisudawan berhasil meraih kelulusan berpredikat pujian (cum laude). Adapun sejak wisuda angkatan pertama hingga Wisuda ke XI, jumlah wisudawan yang telah lulus dari UTU sebanyak 5.269 lulusan. (Aduwina Pakeh / Humas UTU).

Komentar :

Lainnya :