Gelar Pertemuan Dengan DPR-RI:  Akademisi dan Pemuda Dorong Percepatan Pembangunan Rusunawa UTU
  • UTU News
  • 04. 07. 2018
  • 0
  • 344

 

MEULABOH – Sejumlah akademisi Universitas Teuku Umar (UTU) bersama unsur pemuda Kabupaten Aceh Barat, Senin, 7 Juli 2018, menggelar pertemuan dengan H. Irmawan (Anggota DPR-RI dari fraksi PKB) di Meulaboh. Pertemuan itu, khusus membicarakan tentang pembangunan Rumah Susun Sederhana Mahasiswa (Rusunawa) yang akan dibangun segara dalam tahun 2019 mendatang.   

Aduwina Pakeh, M.Sc (Dosen FISIP UTU) mewakili akademisi Universitas Teuku Umar mengatakan, komitmen pembangunan Rusunawa itu kembali didorong oleh sivitas akademika dan  sejumlah pemuda Aceh Barat.  "Insya Allah, Alhamdulillah, pembangunan Rusunawa Universitas Teuku Umar dipastikan akan dibangun pada tahun 2019, saat ini usulan tersebut telah masuk dalam RAPBN 2019. Kita fokus mengawal proses dan tahapan supaya pembangunan rusunawa dapat diwujudkan”, kata Irmawan dengan sungguh-sungguh . 

Dalam tahun 2019, pemerintah pusat melalui anggota DPR RI komisi V telah berkomitmen mendorong membangun Rusunawa guna mengakomodir aspirasi mahasiswa dari berbagai daerah di wilayah Barat Selatan Aceh.  "Ini komitmen saya dan keberhasilan dari aspirasi Pemuda Barat Selatan Aceh. Insyaallah akan kita bangun satu Rusunawa di Universitas Teuku Umar, Aceh Barat, di tahun 2019" kata Irmawan.

Irmawan menjelaskan, fasilitas Rusunawa yang menelan biaya sekitar Rp 15 miliar itu, dapat dipastikan dibangun dilokasi Kampus Universitas Teuku Umar, Aceh Barat. “Semoga bangunan Rusunawa bisa dimanfaatkan khususnya oleh mahasiswa Barat Selatan Aceh yang sedang menempuh pendidikan tinggi di kampus kebanggaan masyarakat barat selatan tersebut”.

Irmawan menegaskan, pembangunan Rusunawa memang menjadi kewajiban pemerintah pusat untuk tempat penginapan yang lebih layak bagi mahasiswa di kawasan Barat Selatan Aceh, selain fasilitas yang disediakan pihak institusi pendidikan itu sendiri.

“Irmawan berjanji akan  terus berkoordinasi dengan pihak terkait supaya pembangunan Rusunawa bisa diwujudkan di tahun 2019”.

Sebagaimana yang pernah diberitakan sebelumnya, menyusul komitmen anggota DPR RI dari Fraksi PKB, H. Irmawan terkait pembangunan Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) di Aceh Barat tahun 2018, Rektor Universitas Teuku Umar (UTU), Prof. Dr. Jasman, J. Ma'ruf, SE.,MBA menyerahkan secara langsung berkas proposal dan dokumen pendukung lainnya  tentang pembangunan Rusunawa yang rencananya akan dibangun di Komplek Kampus UTU Alue Penyareng, Kecamatan Meureubo.

Proses penyerahan ketika itu, dilakukan, 23 Desember 2017,  Pukul 22.00 Wib disela-sela rises anggota DPR RI di Desa Lawet, Kecamatan Pante Ceureumen. Rektor UTU yang diwakili oleh Aduwina Pakeh, M.Sc ( Dosen Fisip UTU), menyerahkan secara resmi dokumen berisi tentang kelayakan pembangunan Rusunawa yang diterima langsung oleh anggota DPR-RI, H. Irmawan.

“Mahasiswa juga diminta nantinya bermufakat terlebih dahulu supaya tidak menimbulkan perdebatan dan pembanguna itu diharapkan bisa menjangkau mahasiswa UTU, AKN dan STAIN" ujar Irmawan kepada wartawan di Meulaboh, katika itu. (Muzakkir)

Lainnya :