FISIP UTU Gelar Webinar SPM Internal
  • UPT_TIK
  • 14. 10. 2020
  • 0
  • 193

MEULABOH, UTU – Dalam rangka menjamin pemenuhan Standar Pendidikan Tinggi (Standar Dikti) secara berkelanjutan, tumbuh dan berkembang budaya mutu, maka dilaksanakan seminar tentang Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) bagi Program Studi, yang diikuti oleh para dosen dalam lingkup Universitas Teuku Umar (UTU). Kegiatan webinar SPMI yang dilaksakan oleh Prodi Sosiologi FISIP UTU ini, berlangsung secara daring, Rabu, 14 Oktober 2020.

Nodi Marefanda, S.Pi.,M.A.P  menyebutkan, pemateri Webinar SPMI adalah Dr. Ir. Sholeh Avivi, M. Si (Universitas Jember). Sholeh Avivi antara lain menguraikan, fungsi Sistem Penjaminan Mutu (SPM) Dikti adalah untuk mengendalikan penyelenggaraan pendidikan tinggi oleh perguruan tinggi guna meningkatkan pendidikan tinggi yang bermutu. Untuk itu, dalam upaya meningkatkan budaya mutu diperlukan pola pikr, pola sikap dan pola perilaku yang baik berdasarkan standar Dikti.

Dijelaskan, tujuan pengembangan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) adalah menciptakan sistem pengendalian penyelenggaraan pendidikan tinggi oleh perguruan tinggi secara mandiri, karena perguruan tinggi memiliki otonomi dalam penyelenggaraan pendidikan tinggi. Sedangkan sifat pengembangan SPMI menurut Sholeh Avivi yaitu internality driven, pemerintah (Ditjen Belmawa, Direktorat Penjaminan Mutu) yang memberikan inspirasi tentang tujuan SPMI, prinsip SPMI, manajemen SPMI, dokumen SPMI dan praktik SPMI. “Tiga tahun berikutnya tentu terlihat kemajuan atau tidak. Setelah dievaluasi, sudah dapat mengajukan dukomen yang telah disiapkan. Kuncinya adalah data-data LKPS setiap tahun harus dikumpulkan. (***)

Lainnya :