FISIP UTU Gelar Seminar Antar Bangsa, Pemateri Muda Apri Rotin Djusfi
  • UTU News
  • 03. 05. 2019
  • 0
  • 260

MEULABOH – Sivitas Akademika Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik-Universitas Teuku Umar (FISIP UTU) melaksanakan seminar antar bangsa dengan Universiti Sains Malaysia dan Universiti Putra Malaysia, di Aula Utama UTU, 2 Mei 2019. Seminar yang diikuti para dosen dan mahasiswa UTU, dibuka oleh Dekan FISIP UTU, Basri, SH.,MH.

Seminar yang berlangsung antusias, yang menjadi narasumber adalah Prof. Dr. Haliza Abdul Rahman (dari Universiti Putra Malaysia) dengan judul materi, “Pengurangan Dampak Plastik Terhadap Lingkungan”, Dr. Siti Marwanis Anua (dari Universiti Sains Malaysia), dengan judul mengenai daur ulang, penggunaan kembali dan pengurangan sampah plastik.

Selain dari luar negeri, juga materi diisi oleh Dr. Afrizal Tjoetra (dari FISIP UTU) tentang keterbukaan informasi publik, Sudarman Alwy, M. Ag menyampaikan materi peran pemuda diakomodir dalam qanun Aceh. Dan juga tampil pemateri muda sebagai Dosen Prodi Ilmu Hukum FISIP UTU yaitu Kandidat Doktor Apri Rotin Djusfi, SH.,MH (Mantan Ketua Program Studi Ilmu Hukum FISIP UTU). Dengan penuh semangat  Apri Rotin menyampaikan materi mengenai keberadaan lembaga adat dalam menyelesaikan perselisihan di tingkat gampong.

Dalam materi tersebut, Apri Rotin antara lain menjelaskan peran lembaga adat dapat menyelesaikan perselisihan yang masuk kategori tindak pidana ringan. “Tindak pidana ringan antara lain perselisihan dalam keluarga, perselisihan antar warga, persengketaan di pasar, dan penganiayaan ringan”, ujar Apri. (zakir)

Lainnya :