FGD Upaya Peningkatan Kualitas UTU Sisi Penelitian dan Publikasi Ilmiah
  • UTU News
  • 18. 10. 2018
  • 0
  • 107

MEULABOH – Hari kedua Seminar Internasional yang dilaksanakan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik-Universitas Teuku Umar (Fisip- UTU), 10 Oktober 2018, dilanjutkan dengan mengadakan Forum Group Discussion (FGD). Kegiatan FGD itu, bentuk realisasi dari penandatanganan  Memorandum of Understanding (MoU) antara Fisip UTU dengan Universitas Malaysia Terengganu (UMT) untuk menentukan arah dan konsep yang akan dilakukan secara bersama-sama bagi kedua lembaga pendidikan tersebut.

Kegiatan FGD inj dihadiri Prof. Madya. Dr. Ruhani Binti Mat Min, dari UMT-Malaysia (yang menjadi keynote speaker pada seminar internasional), Dr. Zikri bin Muhammad (UMT-Malaysia), Dr. Jumadil Saputra (UMT-Malaysia). Dari Fisip UTU, hadir Dekan Fisip,  Dr. Mursyidin, MA, Wakil Dekan I Sudarman Alwy, M. Ag, Wakil Dekan II Nellis Mardhiah, M. Sc, para ketua program studi, dan dosen dalam lingkup Fisip.

Dekan FISIP UTU Dr. Mursyidin, MA menjelaskan, kegiatan FGD ini sebagai tindak lanjut dari penandatanganan MoU antara dua universitas. “FGD ini  sangat penting kita lakukan sehingga tidak terkesan kalau nota kesepahaman ini hanya tinta hitam di atas kertas putih saja yang terjadi, maka langsung kita mulai dari sekarang. Dan ini juga sebagai upaya peningkatan mutu universitas baik itu dari sisi penelitian maupun publikasi ilmiah. Apalagi publikasi ilmiah dosen UTU masih sangat kurang, sehingga dengan begini dapat mendorong para dosen agar lebih aktif untuk publikasi termasuk publikasi dalam jurnal internasional yang terindeks." ujar Dr. Mursyidin, MA yang begitu bersemangat berjuang untuk kemajuan Fisip UTU.

Dalam FGD tersebut  membahas banyak hal termasuk peningkatan kualitas dosen,  upaya meningkatkan SDM dosen untuk  melanjutkan pendidikan ke jenjang program Doktor. “Ini mendapat dukungan yang  luar biasa dari pihak universitas UMT-Malaysia. Bahkan, UMT menawarkan sistem kerjasama dengan dua opsi, yang pertama  full time, kedua part time plus minus yang ada diantara keduanya. Sehingga membuat peserta FGD makin semangat dan antusias dengan mendapatkan dukungan sumber daya finansial dari pihak universitas”, papar Dr. Mursyidin.

Prof. Ruhani, yang merupakan perwakilan dari pihak Kampus UMT-Malaysia, sangat mengharapkan,  program ini bisa memberikan berdamak untuk suatu kemajuan  baru dalam meningkatkan kualitas di Universitas Teuku Umar. Penelitian bersama nanti juga bisa meningkatkan kualitas publikasi yang lebih baik dan berkualitas, apalagi  UTU punya banyak waktu dalam mengembangkan dan menjadi institusi pendidikan  yang makin besar ke depan.

Dalam kesempatan itu, , Dr. Zikri Muhammad menambahkan, nantinya kedua belah pihak UTU dengan UMT Malaysia dapat mengadakan konferensi internasional secara bergilir dan melibatkan kalangan yang lebih luas, sehingga jaringan kerjasama bagi kedua lembaga pendidikan akan lebih baik dan terlihat lebih nyata. (Zakir)

Lainnya :