Dua Mahasiswa UTU Menuju Final MTQ Tingkat Nasional
  • UTU News
  • 02. 08. 2019
  • 0
  • 695

 BANDA ACEH – Musabaqah Tilawatil Quran Mahasiswa Nasional (MTQMN) ke-XVI, yang dilaksanakan di Universitas Syiah Kuala (Unsyiah), 28 Juli-4 Agustus 2019, telah berjalan hingga ke semifinal. Dua kafilah MTQMN dari Universitas Teuku Umar (UTU) yaitu  Asrita Asrianur dan Syifaul Rahmawati berhasil masuk 50 besar Semifinal Karya Tulis Ilmiah Kandungan Quran (KTIQ).

Salah seorang pelatih KTIQ Meylis Safriani, ST.,MT (Dosen Fakultas Teknik UTU) menjelaskan, kedua kafilah MTQMN UTU yang masuk 50 besar semifinal, akan mempresentasikan Karya Tulis Ilmiah Kandungan Quran mereka pada lomba final untuk memperebutkan juara 1, 2 dan 3.

“Final MTQMN akan berlangsung, Sabtu (3 Agustus 2019) di Unsyiah”, ujar Marhaban, Official Kafilah Mahasiswa UTU. Judul Karya Tulis Ilmiah Kandungan Quran (KTIQ) Kafilah UTU adalah Pengaruh Ilegal Loging Terhadap Koefisien Aliran (C) Berdasarkan Ayat Alquran).

Sebanyak 17 Mahasiswa Universitas Teuku Umar (UTU) menjadi peserta sayembara Musabaqah Tilawatil Quran-Mahasiswa Nasional (MTQMN) ke-XVI, di Stadion Unsyiah (Universitas Syiah Kuala), Prof. Dr. M. Ali Basyah Amin, MA, Banda Aceh,

Ketua Panitia MTQMN, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Unsyiah, Dr. Ir. Alfiansyah Yuliannur, BC  menjelaskan, kafilah MTQMN ke XVI  Tahun 2019, termasuk pelatih dan official mencapai 2500 orang yang  berasal dari 179 Perguruan Tinggi Se-Indonesia, dari 34 Provinsi di Indonesia.

Ke-17 kafilah mahasiswa UTU yang mengikuti tujuh cabang MTQMN yaitu Tilawatil Quran, Fahmil Quran, Qira`at Sab`ah, Karya Tulis Ilmiah Kandungan Alquran, Tartilil Quran,  Khaththil Quran, dan Syarhil Quran.  Dirincikan, khusus kafilah UTU yang akan mengikuti Cabang Masabaqah Tilawatil Quran satu laki-laki satu perempuan yaitu Maulidin dan Astri Nova Yutika. Musabaqah Tartilil Quran satu laki-laki satu perempuan, Rudi Andika dan Rosam Winani Eliza. Musabaqah Qira`at Sab`ah (Riwayat Warsy dan Qalun) satu laki-laki satu perempuan, Muhammad Syarjawi dan Resti Nurfajri. Musabaqah Khaththil Quran Golongan Dekorasi Yaitu Nila Hardina (perempuan). Musabaqah Khaththil Quran Golongan Kontemporer dua orang, satu laki-laki satu perempuan yaitu Abdul Rafar dan Oni Fariana.

Sementara Cabang MTQMN lainnya yang diikuti kafilah UTU semuanya  perempuan adalah Cabang Musabaqah Fahmil Quran tiga orang yaitu Siti Muzdalifah, Fuji Sintia Armi, dan Devia Yurenda. Musabaqah  Syarhil Quran juga tiga orang yaitu Yul Fitranur, Alfadhillah Warahmah, dan Hasmita. Karya Tulis Ilmiah Kandungan Al-Quran yang  diikuti dua orang adalah Asrita Asrianur dan Syifaul Rahmawati.

Pelatih kafilah MTQ UTU Bidang Fahmil Quran adalah H. Kamil Syafruddin, Lc. Palatih Bidang Qira`at Sab`ah, M. Junet. Pelatih Bidang Syarhil Quran, Nurul Hadi, MA. Pelatih Bidang Karya Tulis Ilmiah Kandungan Quran adalah Aan Muhammad, M. MLS dan Meylis Safriani, ST.,MT. Pelatih Bidang Tilawatil Quran dan Tartilil Quran adalah Zainal Abidin. Pelatih Khaththil Quran, Azwir, S. Ag. (***)

 

Lainnya :