Dua Mahasiswa Teknik UTU Juara 1 Lomba Karya Tulis Nasional
  • UTU News
  • 01. 12. 2018
  • 0
  • 838

MEULABOH – Dua Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil-Fakultas Teknik Universitas Teuku Umar (FT-UTU), Yulizar dan Ais Afriyanti berhasil memperoleh juara 1 lomba Karya Tulis Ilmiah Tingkat Nasional, yang dilaksanakan di Kampus Universitas Negeri Islam (UIN) Ar-Raniry-Banda Aceh, 26-28 November 2018. Lomba karya tulis ilmiah itu, dibuka oleh Ketua Jurusan Teknik Lingkungan UIN Ar-Raniry, Eriawati, S.Pd.I., M.Pd.

Dalam arahannya, Eriawati mengharapkan agar setiap orang  memiliki kecintaan terhadap lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan dan memiliki kesadaran yang tinggi untuk tidak menebang pohon secara sembarangan, karena pohon merupakan kebutuhan manusia, yang  salah satunya adalah menghasilkan oksigen yang di gunakan manusia untuk bernafas.

Menurut informasi dari Risky Abdullah Saidi, Mawapres terbaik pertama UTU, juara 1 lomba Karya Tulis Ilmiah Tingkat Nasional dengan judul "Analisis Debit Banjir Akibat Illegal logging Pada Gunung Terhadap Kebencanaan", diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan (HIMATL)  Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Ar-Raniry  (UINAR) Banda Aceh. 

Kedua mereka ,Yulizar dan Ais Afriyanti, dibimbing oleh Meylis Safriani, ST., MT, dosen Fakultas Teknik UTU.  “Yang lolos mengikuti presentasi Lomba Karya Tulis Ilmiah ini sebanyak 6 kelompok, satu kelompok terdiri dari dua peserta. Salah satu  tim yang diberi nama Strikler adalah Tim dari Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik UTU yang diikuti Yulizar dan Ais Afriyanti”, ujar Risky Abdullah. 

Lomba Karya Tulis Ilmiah ini bertema, “Leuser For The world”, yang diketuai Zahrul Ichsan. Setelah melakukan presentasi Karya Tulis Ilmiah pada 26 November 2018 , tim peserta juga mengikuti fieldtrip ke Stasiun Penelitian Ketambe, Kawasan Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL), Kabupaten Aceh Tenggara,  Provinsi Aceh, pada 27-28 November 2018. 

 Pada 27 November 2018 panitia dan peserta Lomba Karya Tulis Ilmiah memungut sampah saat mengikuti oriantasi dan aksi lingkungan di kawasan Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL). “Bakti sosial ini  bertujuan untuk mengubah perilaku pengunjung objek wisata sekaligus mengajak masyarakat untuk peduli terhadap lingkungan”.

Pada 28 November 2018 panitia dan peserta Lomba Karya Tulis Ilmiah mengikuti kegiatan edukasi lingkungan yang difasilitasi oleh forum konservasi leuser dengan tujuan untuk memberikan pemahaman dan menambah wawasan tentang lingkungan serta untuk mengasah kemapuan dalam menyelesaikan permasalahan lingkungan secara ilmiah. (Zakir)

Lainnya :