Dosen UTU Menjadi Pemateri dalam Internasional Webinar Series, Ini Yang Dibahas
  • UTU News
  • 23. 05. 2020
  • 0
  • 1008

MEULABOH - UTU | Dalam rangka memberikan kontribusi keilmuan terhadap masyarakat umum, para Dosen Universitas Teuku Umar (UTU) aktif dalam melakukan presentasi di berbagai forum akademik. Salah satunya sebagaimana dilakukan oleh Firman Parlindungan, Ph.D. yang menjadi pemateri dalam kegiatan Seminar Internasional yang diadakan oleh Program Doktoral Pasca Sarjana IAIN Bengkulu.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam bentuk webinar daring yang dilaksanakan pada Jum’at (22/5) kemarin. Kegiatan yang mengangkat tema "The World of Doctoral Study : Dissertation vs Publication" ini dimoderatori oleh M. Arif Rahman Hakim, Dosen IAIN Bengkulu.

Lulusan Ohio State University tersebut disandingkan dengan Dosen UITM Penang Malaysia, Dr. Nur Ilianis Binti Adnan. Keduanya menyampaikan materi tentang iklim kuliah doktor di luar Negara diantaranya Malaysia dan Amerika Serikat.

Dr. Firman Parlindungan kepada media UTU.News menyampaikan jika ini merupakan Webinar ke 4 baginya sebagai narasumber di tengah Pandemi Covid-19. Sebelumnya ia telah membahas seputar "Language assessment, critical thinking, & literacy” bersama Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta. Berikutnya menjadi pemateri yang membahas tema "Critical Pedagogy and The Teaching of Reading for ELLs" pada Tesol Talk #1 yang dilaksanakan oleh gabungan beberapa pengelola Journal dari berbagai kampus di Indonesia.

Dalam kesempatan kali ini, Dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) ini mengangkat tema “Dissertation and publication: making ideas happen”. Ia lebih banyak membahas seputar kiat dan best practice agar bisa menyelesaikan studi doktor tepat waktu.

"Kuncinya ada pada manajemen waktu dalam menulis disertasi. Harus menulis setiap hari walaupun hanya 1 kalimat." Terangnya

Direktur Global Institute Meulaboh ini menganalogikan publikasi seperti manajemen sebuah bandara. "Terkait publikasi, kita harus membuat majemen artikel pribadi seperti di bandara. Ada pesawat yg sedang disiapkan, ada pesawat yg sudah siap lepas landas, ada pesawat yg sudah di udara. Begitu juga dengan publikasi ilmiah kita." Paparnya.

Seminar internasional tersebut dibuka secara resmi oleh Prof. Dr. Rohimin, M.Ag, Direktur Pascasarjana IAIN Bengkulu. Para pesertanya didominasi oleh mahasiswa doktor dan dosen dari berbagai kampus di Indonesia dan Malaysia.

Ada juga guru besar dan doktor dari Program Doktor Pascasarjana IAIN Bengkulu selaku penyelenggara acara. Banyak pencerahan dan semangat yang saya dapat dari acara ini. Pungkas Dr. Firman (Aduwina Pakeh / Humas UTU).

Komentar :

Lainnya :