Dosen UTU Ikuti Kegiatan Training of Trainer Building Information Modelling 2019
  • UTU News
  • 11. 09. 2019
  • 0
  • 626

MEULABOH, UTU - Dosen Universitas Teuku Umar (UTU) Andrisman Satria, ST., M.Eng mengikuti Training of Trainer (ToT) Building Information Modelling (BIM). Kegiatan tersebut dilaksanakan di Laboratorium Komputer Teknik Sipil Universitas Diponegoro, Tembalang, Semarang, Jawa Tengah, 10-13 September 2019.

ToT ini dilaksanakan oleh Balai Penerapan Teknologi Konstruksi (BPTK) Direktorat Jenderal Bina Konstruksi, Kementerian PUPR RI yang bekerja sama dengan Fakultas Teknik Universitas Diponegoro. Pelatihan dibuka oleh Dekan Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Prof. Ir. M.Agung Wibowo, M.M., M.Sc., Ph.D di dampingi Kepala Balai Penerapan Teknologi Konstruksi (BPTK), Cakra Nagara, ST., MT., ME serta jajaran dekanan dan Jurusan Teknik lingkup FT Undip.

Cakra Nagara selaku Kepala BPTK dalam sambutannya menyatakan bahwa sejak tahun 2014 ada kesadaran bahwa kualitas dan kuantitas tenaga ahli konstruksi di Indonesia masih belum mencukupi. BIM sudah digunakan oleh Negara-negara persemakmuran sejak tahun 2005, sedangkan di Indonesia baru dimulai sosialisasi dan penyebarluasan BIM pada tahun 2015.

Andrisman kepada media UTU mengatakan pelatihan ToT BIM ini bertujuan untuk melatih instruktur untuk mengenal salah satu produk BIM yaitu VICO Office yang di ikuti oleh 20 peserta undangan yang terdiri dari UGM, ITS, UNDIP, UNHAS, UNAND, POLBAN dan universitas lainnya serta beberapa instansi pemerintah dalam lingkup kerja penerapan teknologi konstruksi.

Pelatihan BIM ini langsung diajarkan oleh pihak perusahaan Software VICO office selaku instruktur. Software ini merupakan salah satu produk BIM dari perusahaan Trimble yang mampu melakukan analisis managemen konstruksi secara integrasi dalam Design (3D), time (4D), Cost (5D).

TOT ini diharapkan mampu mendukung Tim BIM PUPR dalam usaha implementasi BIM. Dengan sinergi yang baik dengan Perguruan Tinggi tentu percepatan pemanfaatan BIM pada infrastruktur bisa segera direalisasikan. (Aduwina)

Lainnya :