Dosen Teknik UTU Dampingi Masyarakat Dalam Pekan Inovasi di Bener Mariah
  • UTU News
  • 12. 07. 2019
  • 0
  • 451

MEULABOH - Dosen Fakultas Teknik Universitas Teuku Umar (FT-UTU)  mendampingi Tim Masyarakat Produktif Aceh Barat pada Pekan Inovasi Pemberdayaan Masyarakat Gampong (PIPMG) se- Aceh yang dilaksanakan di Kota Simpang Tiga Redelong, Desa Bale Atu Kecamatan Bukit Kabupaten Bener Meriah, Provinsi Aceh.

 Sekretaris Prodi  Teknik Mesin-FT UTU, Sulaiman Ali, ST.,MT menjelaskan, ajang PIPMG yang berlangsung selama lima hari, 9 -13 Juli 2019 itu, merupakan kompetisi gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) pada kategori produk inovasi.

Kategori ini diikuti oleh Tim Teuku Umar Muda 001 dengan anggotanya yaitu  Sulaiman Ali, ST., MT, Delly Syahputra, Antoni, Anton Azmi dan Erwin Syahputra. Sedangkan produk yang diikutsertakan dalam kompetisi tersebut  adalah kapal/boat Petani Tambak Bertenaga Surya yang berhasil lolos sebagai finalis 6 (enam) besar se-Aceh yang akan diumumkan sebagai  pemenangnya  pada 13 Juli 2019.

“Produk ini sudah dipaparkan di hadapan dewan penilai dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong  Provinsi Aceh. Respon  tim dewan juri maupun dari masyarakat untuk produk ini sangat baik dan direferensikan untuk dikembangkan dan digunakan masyarakat petani tambak. Respon yang sangat baik juga juga turut disampaikan.H. Sarkawi, Bupati Bener Meriah dan Waled Husaini Abdul Wahab Wakil Bupati Aceh Besar”, ujar Sulaiman Ali.

Dijelaskan, pada katagori berikutnya Tim Aceh Barat menurunkan produk berupa alat destilasi air laut berbasis energi surya dan energi elektrik untuk penyediaan air bersih dan garam, Produk ini berkompetisi memperebutkan untuk katagori produk unggulan. “Produk unggulan ini diikuti oleh Tim Teuku Umar Muda 002 dengan anggota tim Syurkarni Ali, ST., MT, Kamarul Waliden, Sulaiman Ali, ST.,MT dan Ferdi Fernanda”.

Disamping  gelar dan lomba Teknolog Tepat Guna (TTG) se-Aceh ke XIV tahun 2019, kegiatan tersebut dirangkai dengan gotong royong masal dalam acara pencanangan BBGRM XVI, Hari Kesatuan Gerak  PPKK ke 47 dan Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) Ke XXVI dan sejumlah kegiatan lainnya.

Acara ini diikuti 23 Kabupatan/Kota Se-Aceh dan di buka oleh Bupati Bener Meriah, H. Sarkawi dan turut dihadiri Wakil Bupati Aceh Tengah, Kepala DPMG Aceh, Kepala BKKBM Perwakilan Aceh, Kepala DPMG Kabupaten/Kota Se-Provinsi Aceh, Ketua TP-PKK Kabupaten/Kota Se-Provinsi Aceh dan Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Aceh serta unsur lainnya.(***)

Lainnya :