Dosen FKM UTU Gelar Pengabdian Berbasis Riset Bagi Ibu Hamil
  • UTU News
  • 04. 01. 2019
  • 0
  • 235

MEULABOH – Dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat-Universitas Teuku Umar (FKM-UTU) yang menjadi Tim Program Pengabdian Berbasis Riset melakukan sosialisasi dan kegiatan senam bagi ibu-ibu hamil di Wilayah Pesisir Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh.

Ketua Program Studi Ilmu Kesehatan FKM-UTU, Teungku Nih Farisni, SKM, M. Kes selaku Ketua Program Pengabdian Berbasis Riset mengatakan, kegiatan sosialisasi  diberi tema, “Kelompok Ibu Hamil Pintar  (Kebumiltar) Sebagai Upaya Penurunan Angka Komplikasi Persalinan Ibu di Wilayah Pesisir Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh”.

Teungku Nih menjelaskan, sebelum kegiatan sosialisasi Kelompok Ibu Hamil Pintar (Kebumiltar) pada ibu hamil di Wilayah Pesisir,  telah dilakukan Training of Trainer (ToT) pelatihan untuk pelatih bagi kader kesehatan selama tiga hari 19 sampai 21 Novemver 2018. Selain Teungku Nih, dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat yang  ikut dalam sosialisasi Kebumiltar adalah Dian Fera, SKM, M.Si

Para ibu sebagai kader kesehatan yang sudah ditraining of trainer itu disiapkan sebagai  ujong tombak untuk mendampingi ibu hamil selama kehamilannya dalam Wilayah Pesisir Kabupaten Nagan Raya.  Jumlah kader kesehatan yang telah dilatih sebagai kader kesehatan bagi ibu-ibu hamil tersebut sebanyak 10 orang kader. Dan selama berlangsungnya ToT itu, juga telah dibentuk dua kelompok ibu hamil pintar yang akan bertugas membantu, mendampingi dan memberkan pelayanan bagi ibu-ibu yang sedang dalam kondisi hamil. (Zakir) 

Lainnya :