Dosen dan Tim PPK Ormawa UTU Lolos Menjadi Nominasi Abdidaya Ormawa 2022
  • UTU News
  • 24. 11. 2022
  • 0
  • 383

MEULABOH - UTU | Khabar gembira kembali diterima oleh keluarga besar Universitas Teuku Umar, jelang perhelatan Dies Natalis ke-16 pada 28 November 2022 mendatang. Khabar yang membahagiakan tersebut adalah lolosnya Dosen dan Organisasi Mahasiswa (Ormawa) Universitas Teuku Umar sebagai finalis Abdidaya Ormawa 2022.

Abdidaya Ormawa merupakan ajang penghargaan bagi pegiat Program Peningkatan Kapasitas Organisasi Kemahsiswaan (PPK Ormawa). Ajang tersebut diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) sebagai bentuk apresiasi atas keberhasilan mereka melaksanakan program di masyarakat.

UTU  berhasil masuk finalis diajang ini setelah mengikuti serangkaian seleksi dan penilaian diantaranya Penilaian Kemajuan Pelaksanaan (PKP) dan Visitasi Program yang berlangsung beberapa waktu lalu.

Adapun UTU masuk finalis pada seluruh kategori yang diperlombakan yaitu, kategori sistem pendukung perguruan tinggi, kategori dosen pendamping, kategori sistem pendukung organisasi kemahasiswaan, dan kategori tim pelaksana PPK Ormawa.

UTU merupakan satu-satunya Perguruan Tinggi di Aceh yang masuk menjadi top 27 support kampus terbaik untuk program PPK Ormawa, kemudian dua Ormawa UTU yaitu  Himpunan Mahasiswa Ilmu Administrasi Negara (HIMADISTRA) dan Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat (BEM FKM) juga masuk menjadi nominasi top 33 organisasi mahasiswa terbaik. Kemudian seluruh tim PPK Ormawa UTU yang masuk tahap visitasi juga berhasil masuk nominasi pada kategori tim pelaksana terbaik.

Tidak hanya itu, seorang dosen pembimbing dari Tim PPK Ormawa UTU juga berhasil masuk menjadi nominasi top 35. Ialah Yarmaliza, SKM., M.Si yang mendampingi program dari BEM Fakultas Kesehatan Masyarakat.

Nantinya, mereka akan melewati serangkaian proses seleksi sebelum diumumkan pada malam penganugerahan Abdidaya Ormawa pada Desember mendatang. Yarmaliza yang juga Korpus PKM UTU mengatakan bahwa Ia sangat senang dan bersyukur UTU kembali berhasil masuk nominasi diajang yang bergengsi ini setelah pada tahun 2021 lalu berhasil meraih penghargaan disejumlah kategori.

“Alhamdulillah, senang dan ga nyangka. Persiapan dari tim kita saat ini melengkapi berkas yang harus diunggah untuk penilaian. Semoga diberi hasil yang terbaik sehingga bisa membawa pulang medali dan membanggakan almamater UTU,” tutur Yarmaliza, Kamis (24/11/2022).

Dukungan juga diberikan oleh UTU, hal tersebut diungkapkan oleh Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan dan Alumni UTU, Dr. Mursyidin, MA

“Kami ucapkan selamat kepada adik-adik mahasiswa dan dosen pendamping yang lolos menjadi nominasi. Masukan-masukan dari reviewer saat monitoring mohon untuk diperbaiki lagi. Kalau ada presentasi lagi, juru presentasinya dibina agar semakin baik ketika melakukan presentasi,” tutur Mursyidin.

Sebagai informasi, PPK Ormawa merupakan salah satu implementasi dari kebijakan Kemendikbudristek sebab mahasiswa dapat berlatih menjadi pemimpin transformasional dalam menyelesaikan berbagai permasalahan di masyarakat.

Program penguatan kapasitas Ormawa melalui serangkaian proses pembinaan Ormawa oleh Perguruan Tinggi yang diimplementasikan dalam program pengabdian dan pemberdayaan masyarakat. Proposal yang diajukan oleh PT merupakan kumpulan dari berbagai gagasan/ide/usulan kegiatan dari satu atau lebih Ormawa.

Gagasan/usulan kegiatan merupakan bentuk pengabdian atau pemberdayaan masyarakat yang disusun oleh Organisasi Kemahasiswaan resmi yang ada di perguruan tinggi, yang dapat diimplementasikan dalam berbagai program sesuai dengan topik yang dipilih. (Aduwina Pakeh / Humas UTU)

Komentar :

Lainnya :