Diskusi Tantangan Perekonomian, Prodi Manajemen FE UTU Gelar Webinar
  • UPT_TIK
  • 26. 06. 2020
  • 0
  • 173

Meulaboh. Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Teuku Umar menggelar kegiatan webinar pada Hari kamis, 25 Juni 2020. Webinar tersebut mengangkat tema "isu dunia Usaha, Investasi dan Tantangan Perekonomian Pra Dan Pasca Covid 19". Kegiatan ini disiarkan secara live melalui zoom mulai pukul 10.00 s.d 12.00 WIB. webinar ini diikuti oleh sebanyak 450 peserta dari kalangan  akademisi, praktisi, pelaku usaha dan mahasiswa.

Webinar dilaksanakan untuk mendiskusikan dampak pandemi covid 19 terhadap Perekonomian dunia maupun  tanah air. Selain itu,  diskusi Juga Akan mengkaji alternatif solusi yang dapat dapat ditempuh oleh para pemangku kepentingan dalam rangka meminimalisir risiko yang timbul akibat wabah tersebut. Hadir sebagai narasumber  antara lain Prof Dr Jasman J Ma'ruf, SE, MBA (Rektor Universitas Teuku Umar ),  Dr Aulia Sofyan, S.Sos, M.Si (Kepala DPM PTSP Aceh) serta Ahmad Syarief, MA (Senior Investment Analyst Bower Group Asia).

Prof Jasman dalam pemaparannya menyampaikan ada  beberapa sektor yang mengalami perlambatan. Sektor tersebut antara lain sektor Listrik, Gas dan Air Bersih, sektor Keuangan, Real Estate dan Jasa Perusahaan dan sektor Jasa-jasa. Beberapa dampak makro lainnya akibat covid 19 adalah Perekonomian global 2020 diproyeksikan tumbuh negatif atau mengalami resesi, Pasar keuangan global mengalami kepanikan sehingga terjadi pembalikan modal  (capital outflow) membuat tekanan pada mata uang, pasar modal dan surat berharga

Ahmad Syarief dalam pemaparannya menyampaikan bahwa Indonesia Pasca pandemi akan diharapkan pada Tantangan pemulihan ekonomi yang lebih kompleks. Pemerintah Perlu menyesuiakan  kembali proyek-proyek strategis dalam rangka menstabilkan kondisi Perekonomian. Pemerintah Juga perlu melakukan Reformasi subsidi untuk lebih efisien serta  restrukturisasi dan reorganisasi birokrasi. Lulusan Birmingham ini Juga menegaskan bahwa Kesehatan perbankan menjadi kunci pemulihan ekonomi

Dr Aulia Sofyan memaparkan bahwa dunia Usaha pada saat ini diharapkan pada tantanagan. Dunia/pelaku usaha baik skala besar maupun menengah kini sudah mulai kelimpungan. Proses input dan output ekonomi macet. Banyak perusahaan menutup usaha dan pabriknya akibat transaksi perdagangan mengalami penurunan akibat kurangnya pembeli serta terbatasnya ekspor sehingga mengalami penurunan omset. Selain itu, wabah covid 19 juga menyebabkan banyak pegawai yang di PHK atau dirumahkan sementara seperti baik buruh pabrik, karyawan hotel, usaha angkutan, trasnportasi, tempat-tempat pariwisata, dan banyak sektor jasa lainnya. Selain itu, Masyarakat kecil pelaku usaha mikro, sektor riil, hingga petani, pedagang, nelayan, dan buruh yang mengandalkan pendapatan harian bahkan mengalami dampak yang lebih parah hingga kondisi rentan pangan.  

Kegiatan ini  dimoderatori oleh Ketua Prodi Manajemen UTU, Amsal Irmalis, SE, M.Sc. Para peserta sangat antusias mengikuti diskusi dan berdiskusi interaktif dengan para narasumber pada sesi tanya jawab. Dekan Fakultas Ekonomi UTU, Dr T Zulham, SE, M.Si yang turut memberi sambutan dalam kegiatan ini menyampaikan bahwa kegiatan webinar diharapkan dapat menjadi media edukasi Kepada masyarakat terutama di bidang Ekonomi dan Investasi. Masyarakat diharapkan dapat menciptakan ide kreatif dan solusi kongkrit dalam menghadapi dampak pandemi Terhadap Perekonomian. Ketua Panitia Webinar, Mirdha Fahlevi SI,SE,MSM mengatakan bahwa secara keseluruhan, kegiatan ini berjalan dengan lancar. Terimakasih kepada seluruh anggota panitia, narasumber dan peserta kegiatan. Mudah-mudahan kegiatan diskusi ini seperti semakin membudaya di kalangan masyarakat kita di masa mendatang. (Mirdha)

Lainnya :