Conventry University Inggris Teken Kerjasama Dengan UTU
  • UTU News
  • 19. 06. 2019
  • 0
  • 594

MEULABOH – Sivitas Akademika Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan-Universitas Teuku Umar (FPIK-UTU) mengadakan symposium internasional “Conventry-Syiah Kuala-Teuku Umar University Exchange of Fisheries And Biodivers”, yang berlangsung di Aula FPIK setempat, Jumat, 14 Juni 2019. Simposium dibuka Wakil Rektor I, Dr. Ir. Alfizar, DAA mewakili Rektor UTU.

Simposium internasional menghadirkan dua narasumber dari Coventry University Inggris yaitu Martin Wilkes, Ph.D dan Que Anh Dong, Ph.D. Mereka adalah kelahiran Vietnam. Simposium internasional itu dilanjutkan dengan penandatanganan kerjasama bagi kedua lembaga pendidikan yaitu UTU dengan Coventry University Inggris. Kerjasama itu, dari UTU ditandatangani oleh Wakil Rektor I, Dr. Ir. Alfizar, DAA. Sedangkan dari Coventry University Inggris diteken oleh Martin Wilkes, Ph D.


Dekan FPIK UTU, Prof. Dr. M. Ali Sarong, M.Si,  didamping Mohamad Gazali, M. Si menjelaskan, kerjasama itu fokus pada bidang fisheries and biodiversity, dengan program beasiswa Ph.D bridging program, how to find supervisor, study design for Ph.D research, dan writing a Ph.D research proposal.

Kegiatan simposium yang diikuti oleh dosen-dosen  FPIK itu berlangsung selama sehari penuh. Martin Wilkes, Ph.D dan Que Ank Dank, Ph.D memaparkan rencana penelitian dan rencana penawaran program dari Coventry University Inggris.yang akan mengikuti Program Doktor di Inggris, yang direncakan akan diikuti  oleh enam orang dosen FPIK, termasuk diantaranya Mohamad Gazali, M. Si., Neneng Marliah, M. Si., dan  Samsul Bahri, M. Si 

Martin Wilkes, PhD dan Que Anh Donk, PhD memaparkan berbagai program diantanya progam pelatihan bahasa Inggris selama 2 bulan 15 hari untuk memperoleh IELTS 6.5-7.0 yang dipersyaratkan untuk mendapatkan beasiswa pelaksana program doktor terutama dari Kemenritekdikti atau dari Coventry University Inggris.

Martin Wilkes memaparkan tentang  Program Doktor di Coventry University yang siap menerima calon mahasiswa program doktor (PhD), terutama bidang perikanan, biologi, biodiversitas, dan teknik. Kegiatan pendidikan di Conventry University Inggris ini memakan waktu 3 sampai 4 tahun.

“Terima kasih kepada Rektor UTU,  Prof. Dr. Jasman J. Ma`ruf, MBA, kepada Bapak Wakil Rektor, dan seluruh jajarannya, yang telah membantu terlaksananya kegiatan ini. Terima kasih juga kepada semua pihak yang telah bekerja keras berlangsungnya  acara ini. Terima kasih juga kepada semua dosen FPIK dan panitia yang telah bekerja keras dengan suksesnya kegiatan symposium ini. Semoga Allah SWT meridhai-Nya.(***)

Lainnya :