• UTU News
  • 23. 10. 2019
  • 0
  • 1289

MEULABOH, UTU - 997 Mahasiswa Universitas Teuku Umar angkatan 2019 penerima beasiswa bidikmisi dari berbagai program studi melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat melalui "Clean Up The Beach" atau pembersihan pantai di Kuala Bubon, Kecamatan Samatiga, Kabupaten Aceh Barat, Minggu (20/10/19).

Kegiatan pembersihan pantai adalah bagian dari rangkaian program peningkatan spirit jiwa entrepreuneurship mahasiswa penerima bidikmisi Universitas Teuku Umar yang rutin dilaksanakan setahun sekali oleh bagian kemahasiswaan Universitas Teuku Umar, yang juga dilaksanakan di pantai kuala bubon.

Selain melibatkan ratusan mahasiswa, program "Clean Up The Beach" juga diikuti oleh segenap jajaran pimpinan UTU, seperti Rektor, Para Wakil Rektor, Dekan, Ketua Senat Universitas, Ketua DWP UTU, para Kepala Biro, Kabag serta para dosen lingkup Universitas Teuku Umar. Mereka berbaur bersama mahasiswa memungut berbagai sampah plastik yang bercecran sepanjang pantai Kuala Bubon, Samatiga ini.

Program ini dilaksanakan bagian dari kampanye UTU menjaga lingkungan dari sampah plastik atau program ZERO WASTE yang sudah dideklarasikan oleh Rektor UTU, Prof. Dr. Jasman J. Ma'ruf, SE., MBA di halaman gedung Rektorat UTU beberapa bulan silam.

Prof. Jasman kepada media UTU.News menyatakan, program ini bagus dilaksanakan sebagai media kampanye kepada mahasiswa/i UTU untuk pro aktif terhadap kebersihan lingkungan, tidak hanya di lingkungan kampus saja bersih dari sampah plastik namun juga di lingkungan masyarakat, termasuk pantai harus bersih dari beragam sampah plastik. Sampah plastik ini sudah menjadi permasalahan dunia yang sedang diatasi pengurangannya.

"UTU konsisten menerapkan program Zero Waste dalam aetiap kegiatan eksternalnya, dengan harapan, kita mampu menginspirasi masyarakat banyak untuk peduli terhadap lingkungan. Kita akan terus mengkampanyekan Cleaning the World of Plastic Waste melalui mahasiswanya, dosennya, tendiknya dan seluruh keluarga besar UTU." Lanjut Rektor

Lebih lanjut, melalui kegiatan pengabdian masyarakat ini dapat dihasilkan sejumlah manfaat, mahasiswa kita lebih peduli terhadap kebersihan pesisir pantai, mahasiswa juga dapat mengetahui bahayanya sampah plastik, mengetahui pentingnya menjaga ekosistem laut dan pesisir serta mahasiswa UTU dapat ikut andil dalam menjaga dunia dari kepunahan habitat laut akibat ancaman sampah plastik. Tutup Rektor.

Sebelumnya, sekitar pukul 07.00 - 08.00 WIB, Pimpinan dan civitas akademika UTU melakukan gowes bersama yang dimulai dari halaman Masjid Agung Baitul Makmur Meulaboh dan berakhir dilokasi tempat pelaksanaan rangkaian acara, Kuala Bubon, Samatiga yang berjarak 13 KM. (Aduwina).

Komentar :

Lainnya :