Cegah Penyebaran COVID-19, Mahasiswa FPIK UTU Ikuti Ujian Tugas Akhir Online
  • UTU News
  • 06. 04. 2020
  • 0
  • 858

MEULABOH - UTU | Mewabahnya Corona Virus Disease (COVID-19) di Indonesia mewajibkan semua aktifitas dilakukan dari rumah. Hal itu sesuai dengan arahan Presiden RI dan Mendikbud bahwa sekarang saatnya bekerja dari rumah, belajar dari rumah dan ibadah di rumah. Hal itu dilakukan untuk meminimalisir penyebaran COVID-19 di Indonesia.

Rektor UTU, Prof. Dr. Jasman J. Ma'ruf, SE., MBA, juga mengeluarkan surat edaran yang salah satu poinnya adalah melakukan ujian tugas akhir skripsi yang dihadiri dosen penguji atau mahasiswa yang diuji, atau dilaksanakan secara online.

Menyahuti kebijakan tersebut Dekan FPIK UTU, Prof. Dr. M. Ali S, M.Si mendorong agar pelaksanaan kegiatan akademik tetap berjalan dengan baik, dan wujudnya adalah pelaksanaan ujian seminar proposal secara online yang digelar perdana (27/03/2020).

Wakil Dekan II FPIK UTU, Hafinuddin, M.Sc kepada media UTU.News mengabarkan Seminar Proposal penelitian/Skripsi dilaksanakan dengan menggunakan aplikasi zoom dan Google Meet dengan durasi waktu pelaksanaan seminar dan ujian skripsi proposal 80-90 menit.

Lanjutnya, tata tertib seminar sama halnya dengan seminar tatap muka secara lansung, yang membedakan hanya tidak ada tanya jawab/sesi diskusi dengan audiensi yang jika seminar proposal/hasil secara tatap muka langsung diwajibkan seminar memiliki audiensi minimal 10 orang.

Seminar daring/online dimulai dengan presentasi proposal penelitian oleh mahasiswa selama 10 menit kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dengan dua penguji selama 60-70 menit. Sesi selanjutnya adalah arahan dari pembimbing selama 5-10 menit.

Sesi terakhir dilanjutkan dengan pembacaan berita acara kelulusan seminar dan nilai yang diperoleh oleh mhs tsb dan ditutup oleh pembimbing 1 yang bertindak juga sebagai moderator seminar.

Selama berlakunya kuliah daring, FPIK UTU telah melaksanakan seminar proposal secara virtual sebanyak 5 orang mahasiswa dari tiga program studi yang berbeda dalam rentang waktu pada 27 Maret 2020 hingga 6 April 2020.

Adapun mahasiswa dan dosen penguji yang mengikuti seminar prosposal skripsi secara online di FPIK, yaitu dari prodi perikanan atas nama Kartiwi (Mahasiswa) dibawah bimbingan Anhar Rozi, S.Pi., M.Si, Ikhsanul Khairi, S.Pi., M.Si, Penguji : Nabila Ukhty, S.Pi., M.Si dan Hafinuddin, S.Pi., M.Sc. Berikutnya satu orang mahasiswa atas nama Alfadhillah Warahmah dari Prodi Sumberdaya Akuatik dengan Pembimbing: Prof. M. Ali.S, M.Si dan M. Arif Nasution, S.Pi, M.Si, sementara Penguji : Neneng Marlian, S.Pi., M.Si dan M.Gazali S.Pi, M.Si.

Sementara tiga mahasiswa lainnya yang mengikuti seminar proposal secara online dari Prodi Akuakultur. Mereka adalah 1. Taufik Akbar (mahasiswa), Pembimbing : Yusran Ibrahim, S.Pi., M.Si dan Farah Diana, S.Pi., M.Si. Penguji : Citra Dina Febrina, S.Pi., M.Si dan Dini Islama, S.Kel., M.Si. 2. Sry Yunanda (Mahasiswa), Pembimbing: Farah Diana, S.Pi., M.Si dan Dina Islama, S.Kel., M.Si. Penguji : Fazril Saputra, S.Kel., M.Si dan Zulfadhli, S.Pi, M.Sc. Terakhir Nur Sholika (Mahasiswa) dengan pembimbing : Farah Diana, S.Pi., M.Si dan Dina Islama, S.Kel., M.Si, serta dewan pengujinya adalah Zulfadhli, S.Pi., M.Sc dan Fazril Saputra, S.Kel., M.Si.

Rektor UTU Prof. Jasman memberikan apresiasi kepada FPIK UTU atas terselenggaranya seminar proposal tugas akhir secara online. Sehingga pelayanan kepada mahasiswa khususnya untuk mahasiswa tingkat akhir tidak mengalami kendala berarti.

“Saya sangat berterima kasih kepada FPIK UTU karena kebijakan dalam mendukung pencegahan penyebaran COVID-19 dengan melakukan seminar proposal skripsi secara online. Kegiatan akademik di UTU harus tetap berjalan secara maksimal, tidak boleh dihentikan, apapun alasannya, karena kita tidak mau mahasiswa dirugikan. Kondisi saat ini yang kurang mendukung kegiatan akademik berjalan dengan baik karena pencegahan Covid-19, harus kita sikapi dengan arif dan bijaksana. Semoga hal yang baik ini bisa diikuti semua civitas, untuk tetap menjalankan tupoksi masing-masing fungsionaris dan dosen.

Tetaplah lakukan ujian seminar proposal, ujian kompri, ujian skripsi jika semua persyaratan sudah terpenuhi. Jika tidak memungkinkan dilaksanakan seperti biasa di kampus, ujian tersebut bisa dilaksanakan secara online. Fasilitas jaringan kita di kampus sudah memadai kok.” Ujar Prof. Jasman.

Sementara Dekan FPIK UTU, Prof. Dr. M. Ali. S, M.Si mengucapkan terimakasih kepada ketiga program studi lingkup FPIK yang telah berhasil melaksanaka tugas dan tanggungjawab dengan baik dalam hal memberikan kemudahan layanan bagi mahasiswa tingkat akhir untuk menyelesaikan salah satu syarat mendapatkan gelar sarjana.

"Kami di FPIK akan terus komitmen untuk tetap melaksanakan tugas dan tanggungjawab kami dalam kegiatan akademik. Kita terus pantau secara maksimal agar proses perkuliahan harus tetap berjalan dengan baik. Seminar proposal, ujian kompri, ujian skripsi juga harus tetap dilaksanakan baik manual di kantor atau secara online. Kami yakin semua dosen dan mahasiswa FPIK pasti bisa melaksanakan ujian tugas akhir secara online." Tututpnya. (Aduwina Pakeh / Humas UTU).

Komentar :

Lainnya :