Asesmen Secara Daring Dalam Rangka Akreditas Program Studi Ekonomi Pembangunan UTU
  • UPT_TIK
  • 11. 07. 2020
  • 0
  • 1514

Sebuah penantian yang panjang dari Program Studi Ekonomi Pembangunan FE UTU untuk mendapatkan lagi kesempatan asesmen dari Badan Akreditasi Nasional (BAN-PT), pada tanggal 29 Juni 2020 diterima kabar untuk pelaksanaan Asesmen Lapangan (AL) pada prodi ini secara daring pada tanggal 9 dan 10 Juli sesuai surat Direktur Dewan Eksekutif BAN-PT nomor: 108 / BAN-PT / SPT-AK / P / 2020 tanggal 2 Juli 2020. Untuk diketahui, asesmen melalui daring (online) ini merupakan yang pertama sekali dilaksanakan di Universitas Teuku Umar.

Informasi ini merupakan berita gembira bagi seluruh akademisi Universitas Teuku Umar terutama di lingkungan Fakultas Ekonomi. Rektor Universitas Teuku Umar (UTU), Prof. Dr. Jasman J. Ma’ruf, SE, M.B.A. langsung memberikan instruksi agar seluruh sivitas akademisi di lingkungan FE UTU, terutama di Program Studi Ekonomi Pembangunan untuk menyiapkan materi asesmen dan dapat dilaksanakan semaksimal mungkin. Menyikap kondisi waktu dan target perbaikan akreditasi Program Studi Ekonomi Pembangunan, yang merupakan salah satu program studi yang sudah ada sejak lahirnya UTU, Dekan Fakultas Ekonomi, Dr. T. Zulham, SE., M S.i. menginstruksikan agar seluruh sivitas akademika, dosen dan tenaga kependidikan (tendik) untuk bahu-membahu dalam mewujudkan hal tersebut 

Kegiatan asesmen hari pertama tanggal 9 Juli 2020 tepat pukul 8.00 WIB dibuka oleh Prof. Dr. Munawar, SE., DEA (Asesor 1) dari Universitas Brawijaya dan dilanjutkan oleh Dr. Idris, M. Si. (aseseor 2) dari Uniersitas Negeri Padang. Pada sesi sampbutan pimpinan Perguruan tinggi, berkesempatan Rektor Universitas Teuku Umar Prof. Dr. Jasman J. Ma’ruf, SE, M.B.A memberikan sambutan melalui video terkait dengan kondisi UTU terkini dan rencana pengembangan kampus Universitas Teuku Umar serta harapannya terhadap akreditasi program Studi Ekonomi Pembangunan dalam upaya percepatan akselerasi capaian visi dan misi Universitas Teuku Umar ke depan. Selanjutnya paparan Dekan FE-UTU, Dr. T. Zulham, SE., M. Si. terhadap kondisi eksisting dan rencana pengembangan Fakulltas Ekonomi ke depan. Turut paparkan target-target yang belum, sedang (ongoing) dan yang akan dicapai dalam upaya pengembangan Fakultas Ekonomi dalam merealisasikan visi dan misi melalui tiga prodi yang menjadi ujung tombak fakultas secara optimal. Acara ini dilengkapi kemudian dengan pemaparan Ketua Program Studi Ekonomi Dr. Helmi Noviar, SE., M. Si. terkait visi dan misi Ekonomi Pembangunan yang linier dengan visi dan misi Fakultas Ekonomi dan Universitas Teuku Umar.

Pada Sesi kedua dan ketiga terkait dengan konfirmasi data oleh kedua asesor berjalan lancar dan dinamis. Dimana seluruh tim yang terdiri dari dosen lingkungan FE dan tendik, bekerja keras dan kompak dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan dan menyiapkan kelengkapan bukti-bukti fisik kepada asesor.  Sesi selanjutnya adalah tanya jawab dengan alumni yang terdiri dari wiraswasta, pegawai pemerintahan, karyawan perusahaan beserta pengguna/user yang merupakan pimpinan dari masing-masing alumni tersebut. Sesi ini berakhir pukul 17.00 dan dilanjutkan pada hari besok hari (hari kedua).

Pada hari kedua kegiatan AL, diawali dengan tanya jawab dengan dosen di Program Studi Ekonomi Pembangunan yang berlangsung selama satu jam, dan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dengan tendik. Sesi pagi - siang diakhiri dengan tanya jawab dengan para mahasiswa. Pada sesi terakhir, merupakan sesi feedback dan klarifikasi Berita Acara, Wakil Dekan I bidang Akademik Dr. Syahril, SE., M. Si. menyampaikan konfirmasi dan klarifikasi Berita Acara. Acara ini ditutup pandangan dan kesan dari asesor oleh Prof. Dr. Munawar, SE., DEA. Menurut beliau visi, misi UTU memiliki keunikan tersendiri dan berbeda dengan umumnya visi misi universitas, dan tentunya akan dapat dilhat wujudnya dalam karya-karya ilmiah dosen dan mahasiswa yang bisa memberikan inspirasi para pemangku kepentingan dalam pembangunan daerah dan bangsa. Asesor 2, Dr. Idris, M.Si. juga menyampaikan kata-kata pesan dan kesan selama menjalankan tugas sebagai asesor dalam asesmen lapangan secara daring ini. Mengakhiri kegiatan AL ini, Rektor Universitas Teuku Umar menyambut baik dan mengapresiasi pandangan kedua asesor dan menyampaikan terima kasih atas masukan-masukan untuk kemajuan Program Studi Ekonomi Pembangunan FE UTU ke depannya.(Ahmad Fauzi/Humas)

Lainnya :