14 Dosen Universitas Teuku Umar Dikukuhkan Sebagai Insinyur di USK
  • UTU News
  • 05. 08. 2022
  • 0
  • 567

MEULABOH, UTU – Sebanyak 14 Dosen Universitas Teuku Umar dikukuhkan sebagai insinyur pada Program Studi Program Profesi Insinyur (PS-PPI) Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala, Jumat, (05/08/2022) di Gedung AAC Dayan Dawood, Banda Aceh.

Dalam kegiatan sumpah insinyur tersebut secara langsung dipimpin oleh Ketua Umum Persatuan Insinyur Indonesia (PII) yang dalam hal ini diwakili oleh Ketua Badan Pelaksana Persatuan Insinyur Indonesia (PII), Prof. Dr. Ir. Asep Kurnia Permadi, IPU. Turut dihadiri oleh Rektor Universitas Syiah Kuala yang dalam hal ini diwakili oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik, Prof. Dr. Ir. Agussabti, M.Si., IPU, Dekan Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala, Prof. Dr. Ir. Alfiansyah Yulianur BC dan beberapa pejabat lainnya. 

Ketua Badan Pelaksana Persatuan Insinyur Indonesia (PII) Prof. Dr. Ir. Asep Kurnia Permadi, IPU mengatakan bahwa hingga saat ini perguruan tinggi yang menyelenggarakan Program Studi Program Profesi Insinyur sudah meluluskan sekitar 12 ribu insinyur. Menurutnya jumlah tersebut masih jauh dari target PII, yakni sebanyak 1 juta insinyur.

“Sementara jumlah perguruan tinggi yang menyelenggarakan program profesi ini baru 42 perguruan tinggi. Oleh karena itu, PII terus mendorong perguruan tinggi untuk bisa mengoptimalkan perannya dalam melahirkan insinyur baru.” Pungkasnya

Berdasarkan Undang-Undang No 11 Tahun 2014, Pasal 1 Ayat (3) insinyur adalah seseorang yang mempunyai gelar profesi di bidang keinsinyuran. Program Profesi Insinyur sendiri dapat diikuti dalam bentuk regular atau dalam bentuk mekanisme Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL), yaitu penilaian yang didasarkan pada pengalaman praktik keinsinyurannya. 

Untuk diketahui, 13 Dosen Fakultas Teknik Universitas Teuku Umar yang dikukuhkan tersebut adalah, Dr. Ir. M. Isya, MT yang merupakan Dekan Fakultas Teknik UTU dan kemudian, Ir. Inseun Yuri Salena, B. Sc, M. Sc, Ir. Andi Yusra, ST, MT, Ir. Muhammad Ikhsan, ST, MT, Ir. Zulyaden, ST, MT, Ir. Andrisman Satria, ST, M. Eng, Ir. Dian Febrianti, ST, MT, Ir. Cut Suciatina Silvia, ST, MT, Ir.  Lissa Opirina, ST, MT, Ir. Maidi Saputra, ST, MT, Ir. Sulaiman Ali, ST, MT, Ir. Gaustama Putra, ST, M. Sc dan Ir. Teuku Farizal, ST, MT serta 1 orang dosen dari Fakultas Pertanian Universitas Teuku Umar, Ir. Sri Handayani, SP, M.Si. (HUMAS UTU)

Komentar :

Lainnya :